Show simple item record

dc.contributor.advisorIRWAN, Muhtadi
dc.contributor.advisorFINALI, Zetti
dc.contributor.authorAYUDAWATI, Bela Kusumaning
dc.date.accessioned2019-09-24T04:42:54Z
dc.date.available2019-09-24T04:42:54Z
dc.date.issued2019-09-24
dc.identifier.nimNIM150210204139
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92944
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan R&D yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan draft produk; (4) uji coba lapangan awal; (5) revisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan; (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan; (8) uji pelaksanaan lapangan; (9) penyempurnaan produk akhir; dan (10) desiminasi dan implementasi. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap ke 8 karena keterbatasan waktu dan biaya yang dimiliki peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas yang dilakukan kepada 3 validator untuk memperoleh nilai kelayakan LKPD, uji tes hasil belajar untuk memperoleh tingkat efektivitas LKPD dan respon siswa. Hasil dari penelitian ini adalah LKPD berbasis permainan tradisional ini telah melalui tahap validasi yang dilakukan oleh 2 validator ahli yakni dosen FKIP Universitas Jember dan 1 validator pengguna yakni guru kelas II SDN Sumbersari 03 Jember. Validasi yang dilakukan meliputi validasi isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh presentase validasi sebesar 84%. Secara keseluruhan LKPD berbasis permainan tradisional ini telah dikategorikan layak dan dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran. Efektivitas LKPD berbasis permainan tradisional ini diukur melalui hasil belajar ranah kognitif siswa. Hasil belajar ranah kognitif siswa sebesar 92% untuk minimal nilai sama dengan KKM yakni 65 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian efektivitas LKPD berbasis permainan tradisional ini dapat dikategorikan sangat efektif. LKPD berbasis permainan tradisional ini mendapatkan respon positif dari siswa dengan presentase respon positif yang diperoleh mencapai 96,6% pada uji coba lapangan awal dan 88,6% pada uji coba lapangan utama atau dalam kategori respon sangat tertarik. Berdasarkan hasil yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis permianan tradisional merupakan LKPD yang layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries150210204139;
dc.subjectTema Kebersamaanen_US
dc.subjectPermainan Tradisionalen_US
dc.titlePengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tema Kebersamaan Berbasis Permainan Tradisional Untuk Kelas II SDN Sumbersari 03 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record