Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tema Kebersamaan Berbasis Permainan Tradisional Untuk Kelas II SDN Sumbersari 03 Jember
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 
model pengembangan R&D yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) 
perencanaan; (3) pengembangan draft produk; (4) uji coba lapangan awal; (5) 
revisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan; (7) penyempurnaan produk hasil uji 
coba lapangan; (8) uji pelaksanaan lapangan; (9) penyempurnaan produk akhir; 
dan (10) desiminasi dan implementasi. Namun penelitian ini hanya sampai pada 
tahap ke 8 karena keterbatasan waktu dan biaya yang dimiliki peneliti. Metode 
pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan tes. Teknik analisis data 
yang digunakan adalah uji validitas yang dilakukan kepada 3 validator untuk 
memperoleh nilai kelayakan LKPD, uji tes hasil belajar untuk memperoleh tingkat 
efektivitas LKPD dan respon siswa. 
Hasil dari penelitian ini adalah LKPD berbasis permainan tradisional ini 
telah melalui tahap validasi yang dilakukan oleh 2 validator ahli yakni dosen 
FKIP Universitas Jember dan 1 validator pengguna yakni guru kelas II SDN 
Sumbersari 03 Jember. Validasi yang dilakukan meliputi validasi isi, bahasa, 
penyajian, dan kegrafikan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh presentase 
validasi sebesar 84%. Secara keseluruhan LKPD berbasis permainan tradisional 
ini telah dikategorikan layak dan dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran. 
Efektivitas LKPD berbasis permainan tradisional ini diukur melalui hasil belajar 
ranah kognitif siswa. Hasil belajar ranah kognitif siswa sebesar 92% untuk 
minimal nilai sama dengan KKM yakni 65 dengan kriteria sangat baik. Dengan 
demikian efektivitas LKPD berbasis permainan tradisional ini dapat dikategorikan 
sangat efektif.  LKPD berbasis permainan tradisional ini mendapatkan respon 
positif dari siswa dengan presentase respon positif yang diperoleh mencapai 
96,6% pada uji coba lapangan awal dan 88,6% pada uji coba lapangan utama atau 
dalam kategori respon sangat tertarik. 
Berdasarkan hasil yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa 
LKPD berbasis permianan tradisional merupakan LKPD yang layak dan efektif 
untuk digunakan dalam pembelajaran.
