• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Jember pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN Kemuningsari Lor 02 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Khoirotul Adabiyah-150210204008.pdf (4.492Mb)
    Date
    2019-09-12
    Author
    ADABIYAH, Khoirotul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    LKPD merupakan salah satu sumber belajar yang berisi materi dan tugastugas untuk melatih siswa memahami materi pembelajaran. Untuk mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna pengembangan materi perlu dilakukan. Salah satu caranya dengan mengaitkan pembelajaran dengan kearifan lokal, khususnya kearifan lokal Jember. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, siswa masih belum tahu kearifan lokal yang ada di Jember serta LKPD yang digunakan di sekolah belum membahas budaya Jember. LKPD yang terdapat di SDN Kemuningsari Lor 02 Jember membahas tari secara umum dan musik tradisional Kolintang yang berasal dari Sulawesi Utara. Sehingga perlu mengembangkan LKPD dengan menambah kearifan lokal Jember, namun tetap sesuai dengan KD pembelajaran yang telah ditetapkan kurikulum. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah proses dan hasil pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal Jember pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN Kemuningsari Lor 02 Jember. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan produk berupa LKPD berbasis kearifan lokal Jember pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model Borg and Gall. Adapun delapan langkah penggunaan model Research and Development (R&D) diantaranya: (1) tahap penelitian pendahuluan; (2) perencanaan dan pengembangan; (3) tahap pengembangan desain produk awal; (4) tahap validasi desain produk; (5) tahap revisi desain awal; (6) tahap uji coba penggunaan; (7) tahap revisi produk; dan (8) tahap uji coba keefektifan. Penelitian dilakukan di SDN Kemuningsari Lor 02 Jember. Instrumen pengumpulan data diperoleh menggunakan observasi, angket validasi, angket respon uji coba pengguna, dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, hasil belajar siswa, dan dokumentasi. Adanya teknik analisis data bertujuan untuk mengetahui validitas sebuah produk yang dikembangkan. Analisis data ini menggunakan t-test Independent Sampling. Hasil pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal Jember telah memenuhi dua kriteria yaitu: (1) Valid, ditunjukkan dari hasil analisis data validasi oleh tiga validator mendapatkan skor 79,3 termasuk dalam kategori layak, sehingga LKPD berbasis kearifan lokal Jember yang dikembangkan dinyatakan valid dan siap dieksperimenkan; (2) Efektif, ditunjukkan dari hasil perhitungan uji t pada ranah kognitif yaitu t-empirik > ttabel (4,055 > 2,030), pada ranah afektif yaitu (3,465 > 2,030), dan pada ranah psikomotorik yaitu (2,293 > 2,030). Dengan demikian menunjukkan bahwa LKPD berbasis kearifan lokal Jember yang dikembangkan efektif digunakan untuk proses pembelajaran. Dari hasil uji keefektifan relatif, diketahui bahwa hasil belajar ranah kognitif siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan LKPD berbasis kearifan lokal Jember menunjukkan lebih efektif 14% jika dibandingkan hasil belajar ranah kognitif siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan LKPD berbasis kearifan lokal Jember. Hasil belajar ranah afektif siswa kelas eksperimen yang menggunakan LKPD berbasis kearifan lokal Jember juga menunjukkan lebih efektif 13% dibandingkan kelas kontrol. Begitu pula hasil belajar ranah psikomotor siswa kelas eksperimen yang menggunakan LKPD berbasis kearifan lokal Jember, menunjukkan lebih efektif sebesar 21% dibandingkan kelas kontrol yang tidak menggunakan LKPD berbasis kearifan lokal Jember. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis kearifan lokal Jember layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru karena memiliki pengaruh yang lebih efektif dari LKS yang berbasis umum terhadap hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92733
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository