Show simple item record

dc.contributor.advisorChumi Zahroul Fitriyah
dc.contributor.advisorZetti Finali
dc.contributor.authorADABIYAH, Khoirotul
dc.date.accessioned2019-09-12T04:34:44Z
dc.date.available2019-09-12T04:34:44Z
dc.date.issued2019-09-12
dc.identifier.nim150210204008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92733
dc.description.abstractLKPD merupakan salah satu sumber belajar yang berisi materi dan tugastugas untuk melatih siswa memahami materi pembelajaran. Untuk mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna pengembangan materi perlu dilakukan. Salah satu caranya dengan mengaitkan pembelajaran dengan kearifan lokal, khususnya kearifan lokal Jember. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, siswa masih belum tahu kearifan lokal yang ada di Jember serta LKPD yang digunakan di sekolah belum membahas budaya Jember. LKPD yang terdapat di SDN Kemuningsari Lor 02 Jember membahas tari secara umum dan musik tradisional Kolintang yang berasal dari Sulawesi Utara. Sehingga perlu mengembangkan LKPD dengan menambah kearifan lokal Jember, namun tetap sesuai dengan KD pembelajaran yang telah ditetapkan kurikulum. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah proses dan hasil pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal Jember pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN Kemuningsari Lor 02 Jember. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan produk berupa LKPD berbasis kearifan lokal Jember pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model Borg and Gall. Adapun delapan langkah penggunaan model Research and Development (R&D) diantaranya: (1) tahap penelitian pendahuluan; (2) perencanaan dan pengembangan; (3) tahap pengembangan desain produk awal; (4) tahap validasi desain produk; (5) tahap revisi desain awal; (6) tahap uji coba penggunaan; (7) tahap revisi produk; dan (8) tahap uji coba keefektifan. Penelitian dilakukan di SDN Kemuningsari Lor 02 Jember. Instrumen pengumpulan data diperoleh menggunakan observasi, angket validasi, angket respon uji coba pengguna, dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, hasil belajar siswa, dan dokumentasi. Adanya teknik analisis data bertujuan untuk mengetahui validitas sebuah produk yang dikembangkan. Analisis data ini menggunakan t-test Independent Sampling. Hasil pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal Jember telah memenuhi dua kriteria yaitu: (1) Valid, ditunjukkan dari hasil analisis data validasi oleh tiga validator mendapatkan skor 79,3 termasuk dalam kategori layak, sehingga LKPD berbasis kearifan lokal Jember yang dikembangkan dinyatakan valid dan siap dieksperimenkan; (2) Efektif, ditunjukkan dari hasil perhitungan uji t pada ranah kognitif yaitu t-empirik > ttabel (4,055 > 2,030), pada ranah afektif yaitu (3,465 > 2,030), dan pada ranah psikomotorik yaitu (2,293 > 2,030). Dengan demikian menunjukkan bahwa LKPD berbasis kearifan lokal Jember yang dikembangkan efektif digunakan untuk proses pembelajaran. Dari hasil uji keefektifan relatif, diketahui bahwa hasil belajar ranah kognitif siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan LKPD berbasis kearifan lokal Jember menunjukkan lebih efektif 14% jika dibandingkan hasil belajar ranah kognitif siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan LKPD berbasis kearifan lokal Jember. Hasil belajar ranah afektif siswa kelas eksperimen yang menggunakan LKPD berbasis kearifan lokal Jember juga menunjukkan lebih efektif 13% dibandingkan kelas kontrol. Begitu pula hasil belajar ranah psikomotor siswa kelas eksperimen yang menggunakan LKPD berbasis kearifan lokal Jember, menunjukkan lebih efektif sebesar 21% dibandingkan kelas kontrol yang tidak menggunakan LKPD berbasis kearifan lokal Jember. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis kearifan lokal Jember layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru karena memiliki pengaruh yang lebih efektif dari LKS yang berbasis umum terhadap hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectLKPDen_US
dc.subjectKearifan Lokal Jemberen_US
dc.titlePengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Jember pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN Kemuningsari Lor 02 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record