Profil Pemecahan Masalah Siswa dalam Memecahkan Masalah SPLDV Berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif FI dan FD
Abstract
Profil pemecahan masalah merupakan gambaran secara umum mengenai
kegiatan memecahkan masalah matematika yang dilakukan oleh siswa dengan
menggunakan empat langkah pemecahan masalah menurut tahapan Polya yaitu
memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa
kembali. Masalah SPLDV merupakan pertanyaan atau soal matematika mengenai
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel yang dalam memecahkan masalah
memerlukan pemaham dan cara yang tidak biasa dalam menyelesaikannya. Gaya
Kognitif merupakan karakteristik kognitif yang dimiliki setiap individu dalam
menerapkan pengetahuan, persepsi, pemahaman, dan pemecahan masalah. Gaya
Kognitif yang digunakan pada penelitian ini adalah gaya kognitif Field
Independent dan Field Dependent.