Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Cafe Kolong Jember
Abstract
Cafe menjadi tempat nongkrong untuk menghilangkan rasa stres baik bagi
kalangan pelajar hingga pekerja. Banyak pelaku bisnis yang mendirikan bisnis
cafe, hal ini menyebabkan pelaku bisnis perlu berfikir secara inovatif dan kreatif
untuk menarik para konsumen dan menimbulkan kepuasan pada konsumen.
Kepuasan konsumen akan memberikan pengaruh sangat penting terhadap cafe,
apabila konsumen telah merasa puas, maka konsumen akan merasa senang dan
akan melakukan pembelian ulang. Cafe Kolong memiliki kemampuan untuk
bersaing dengan cafe lainnya karena pelayanan yang diberikan cukup baik, harga
yang ditawarkan relatif lebih murah dibanding dengan pesaing, selain itu dari segi
lokasi cafe kolong memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan cafe-cafe pada
umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kualitas pelayanan,
harga dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada cafe kolong
Jember.
Peneltian ini menggunakan metode penelitian explanatory research. Populasi
yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua konsumen Cafe Kolong
Jember. Sampel pada penelitian ini berjumlah 112 responden yang diambil
dengan teknik nonprobability sampling. Jenis data yang digunakan dalam
penelitian ini bersifat kuantitatif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian
ini regresi linear berganda pada program SPSS.
Berdasarkan hasil analisis penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai
berikut: 1) Hasil analisis regresi berganda pada Uji t terhadap hipotesis pertama
H1 menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan
Konsumen dengan melihat taraf signifikansinya yaitu sebesar 0,002. Hubungan
yang ditunjukkan oleh koefisien regresi adalah positif artinya semakin baik
Kualitas Pelayanan maka Kepuasan Konsumen akan semakin meningkat (H1
diterima). 2) Hasil analisis regresi berganda pada Uji t terhadap hipotesis kedua
H2 menunjukkan bahwa Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen
dengan melihat taraf signifikansinya yaitu sebesar 0,002. Hubungan yang
ditunjukkan oleh koefisien regresi adalah positif artinya semakin baik Harga maka
Kepuasan Konsumen akan semakin meningkat (H2 diterima). 3) Hasil analisis
regresi berganda pada Uji t terhadap hipotesis ketiga H3 menunjukkan bahwa
Lokasi berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan melihat taraf
signifikansinya yaitu sebesar 0,000. Hubungan yang ditunjukkan oleh koefisien
regresi adalah positif artinya semakin baik Lokasi maka Kepuasan Konsumen
akan semakin meningkat (H3 diterima).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa 1). Kualitas Layanan
berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen 2). Harga berpengaruh terhadap
Kepuasan Konsumen 3). Lokasi berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen.