Show simple item record

dc.contributor.authorDini Fadiana Pratiwi
dc.date.accessioned2013-12-16T05:19:53Z
dc.date.available2013-12-16T05:19:53Z
dc.date.issued2013-12-16
dc.identifier.nimNIM061710101029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9139
dc.description.abstractPabrik Kerupuk THR merupakan salah satu usaha agroindustri yang memproduksi kerupuk. Produksi yang dilakukan oleh Pabrik Kerupuk THR saat ini masih kurang maksimal sehingga pemasaran yang dilakukan pun belum maksimal. Hal ini ditunjukkan dari kapasitas produksi yang masih rendah dan cenderung menurun setiap bulannya. Oleh karena itu, perlu direncanakan dan diformulasikan strategi pemasaran yang tepat dan peningkatan kualitas produk dalam upaya peningkatan penjualan kerupuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran kerupuk dan peningkatan kualitas kerupuk yang tepat agar mampu meningkatkan penjualan dan produk dapat bersaing di pasaran. Penelitian ini dilakukan melalui metode observasi dan wawancara dengan narasumber baik dari perusahaan, distributor, maupun konsumen di Pabrik Kerupuk THR. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT dengan menganalisis faktor internal yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yang terdiri dari peluang dan ancaman serta dengan analisis FMEA dengan menganalisis penyebab kegagalan dan upaya penyelesaian. Berdasarkan hasil analisis SWOT diketahui bahwa posisi perusahaan berdasarkan kekuatan faktor internal dan eksternal Pabrik Kerupuk THR menunjukkan strategi pertumbuhan konsentrasi melalui integrasi horisontal, yang dilakukan dengan memperluas perusahaan dan meningkatkan jenis produk serta jasa. Perencanaan strategi pemasaran untuk jangka pendek dapat dilakukan dengan meningkatkan kapasitas produksi, meningkatkan promosi dan pelayanan konsumen, memberikan harga promosi, serta meningkatkan kualitas bahan baku dan produk. Sedangkan untuk strategi jangka panjang dapat dilakukan dengan menambah alat dan fasilitas produksi, melakukan kontrak dengan supplier, meningkatkan kualitas SDM, menambah jenis produk yang dihasilkan, dan melakukan sistem inventory. Pada analisis FMEA dapat diketahui bahwa resiko kegagalan yang terjadi pada parameter atau komponen pencetakan dan pengemasan. Pada komponen pencetakan, dikarenakan ketidak konsistensinya pekerja melakukan dalam melakukan pencetakan. Hal ini berakibat, banyak bentuk serta ukuran yang tidak seragam sesuai dengan alat pencetakannya. Sedangkan untuk komponen pengemasan dikarenakan pengemasan yang digunakan tidak tebal. Kemasan yanag digunkan berupa kemasan tipis dan mudah sobek, sehingga tidak bisa melindungi produk di dalamnya dengan maksimaldan sering menyebabkan produk tidak renyah/melempem.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries061710101029;
dc.subjectSTRATEGI PEMASARAN dan PENINGKATAN KUALITASen_US
dc.titleSTRATEGI PEMASARAN dan PENINGKATAN KUALITAS PRODUK KERUPUK (Studi Kasus di Pabrik Krupuk THR, Kelurahan Sempusari,)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record