Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Writing Sebagai Upaya Pencegahan Terhadap Maraknya Isu Plagiarisme Dalam Dunia Pendidikan
Abstract
Fenomena terkait degradasi moral bangsa Indonesia akhir-akhir ini semakin marak
dibicarakan di kalangan masyarakat luas. Hal ini menjadi perhatian cukup serius dari
pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengembangkan
program pendidikan karakter di semua jenjang pendidikan. Salah satu strategi yang dapat
digunakan adalah dengan mengintegrasikan pendidikan karakter pada semua bidang studi,
sehingga semua guru bertanggungjawab akan terbentuknya karakter anak bangsa yang lebih
baik. Pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam pembelajaran Writing dengan
pertimbangan sering terjadinya isu plagiarisme dalam dunia pendidikan yang notabene
dilakukan oleh para pendidik kita pada semua jenjang pendidikan. Dengan mengintegrasikan
nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, keuletan, dan ketelitian dalam
pembelajaran Writing diharapkan plagiarisme pada masa yang akan datang dapat
diminimalisir.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]