• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Brand Communication Dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Trust (Studi Konsumen Sabun Mandi Merek Lifebuoy Di Kota Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Rohmat Al Fanani-140810201066.pdf-.pdf (2.224Mb)
    Date
    2018-12-04
    Author
    ROHMAT, Al Fanani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Konsumen memiliki harapan terhadap merek harus diperhatikan secara serius oleh perusahaan. Harapan yang terpenuhi akan membuat perusaahan memiliki brand image yang positif di mata para konsumen. Brand image yang positif maka akan konsumen memiliki sikap brand trust terhadap merek yang diciptakan oleh perusahaan. Konsumen yang sudah memiliki sikap brand trust, maka konsumen tersebut akan masuk pada tahap selanjutnya yaitu memiliki sikap brand loyalty terhadap suatu merek. Brand loyalty tersebutlah yang sangat dibutuhkan perusahaan untuk tetap menjaga eksistensinya di pasar serta mampu bersaing secara kompetitif dengan para pesaingnya. Untuk mewujudkan itu semua, hal pertama yang harus dilakukan oleh perusahaan adalah bagaimana mengenalkan serta mengedukasi konsumen secara luas terhadap merek yang akan dipasarkan oleh perusahaan atau yang kita kenal dengan Brand Communication. Industri toiletries adalah industri yang memproduksi produk – produk konsumen yang digunakan untuk kebersihan maupun kecantikan pribadi. Industri toiletries terdiri dari ragam produk seperti sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi dan sampo. Salah satu produk toiletries yang banyak digunakan adalah sabun mandi. Sabun mandi menjadi produk kebutuhan primer dalam kehidupan karena sebagian besar masyarakat menggunakan sabun mandi setiap harinya untuk membersihkan badan dari kuman dan memberi wangi pada tubuh. Perusahaan sabun mandi yang beredar di pasar di Indonesia, antara lain Lifebuoy, Dove, Lux, Shinzu’i, GIV, Nuvo, Dettol. Beberapa produk tersebut bersaing secara ketat dalam memperebutkan konsumen dengan cara terus berkreasi baik dari segi kemasan, iklan, komunikasi produk, harga, manfaat dan lain sebagainya. Peneliti melakukan studi terhadap brand loyalty sabun mandi merek Lifebuoy dengan cara melihat TOP Brand Index, dimana dalam beberapa tahun terakhir sabun Lifebuoy menduduki peringkat teratas. Hal ini bisa mengindikasikan bahwa brand communication, brand image, serta brand trust yang dilakukan PT. Unilever dinilai cukup baik. Namun perlu diuji apakah hal tersebut juga berlaku di Kota Jember yang dipilih peneliti sebagai tempat penelitian, juga perlu dikaji lebih jauh seberapa besar pengaruh variable-variabel tersebut dalam mempengaruhi tingkat brand loyalty sabun mandi merek Lifebuoy itu sendiri. Berdasarkan fenomena tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh signifikan brand communication, dan brand image terhadap brand loyalty melalui brand trust konsumen sabun mandi merek Lifebuoy di Kota Jember. Objek pada penelitian ini adalah konsumen konsumen sabun mandi merek Lifebuoy yang pernah menggunakan sabun Lifebuoy itu sendiri. Sampel dari penelitian ini berjumlah 128 responden, dengan jumlah indikator variabel yaitu 16. Metode analisis yang digunakan yaitu Path Analysis. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, 1). Hasil pengujian regresi atas pengaruh brand communication terhadap brand trust menunjukkan hubungan yang positif signifikan. Ini membuktikan brand communication yang baik akan meningkatkan brand trust. 2). Hasil pengujian regresi atas pengaruh brand image terhadap brand trust menunjukkan hubungan yang positif signifikan. Ini membuktikan bahwa brand image yang baik akan meningkatkan brand trust. 3). Hasil pengujian regresi atas pengaruh brand communication terhadap brand loyalty menunjukkan hubungan yang positif signifikan. Ini membuktikan brand communication yang baik akan meningkatkan brand loyalty. 4). Hasil pengujian regresi atas pengaruh brand image terhadap brand loyalty menunjukkan hubungan yang positif signifikan. Ini membuktikan brand image yang baik akan meningkatkan brand loyalty. 5). Hasil pengujian regresi atas pengaruh brand trust terhadap brand loyalty menunjukkan hubungan yang positif signifikan. Ini membuktikan brand trust yang baik akan meningkatkan brand loyalty.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88956
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12471]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pada Konsumen Female Bag Sophie Martin Paris di Kota Jember ( The Effect Of Brand Image and Brand Trust on Brand Loyalty in Consumer Female Bag Sophie Martin Paris in the City of Jember) 

      Ermawati, Lusy (UNEJ PRESS, 2016)
      Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand image dan brand trust terhadap brand loyalty pada konsumen female bag Sophie Martin Paris di Kota Jember. Rancangan penelitian yang digunakan dalam ...
    • PENGARUH BRAND LOVE DAN BRAND PERSONALITY SERTA BRAND IMAGE TERHADAP WORD OF MOUTH FASHION SOPHIE PARIS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JEMBER The Influence Of Brand Love And Brand Personality As Well As The Brand Image On Word Of Mouth Fashion Sophie Paris In Student The Economics And Bussiness Faculty Of Universitas Jember 

      WAHYUNINGTYAS, IDA (UNEJ_PRESS, 2016)
      Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Band Love dan Brand Personality serta Brand Image terhadap Word of Mouth fashion Sophie Paris pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. ...
    • PENGARUH PUBLIC RELATION TERHADAP BRAND EQUITY DAN BRAND IMAGE PENGARUH PUBLIC RELATION TERHADAP BRAND EQUITY DAN BRAND IMAGE PENGARUH PUBLIC RELATION TERHADAP BRAND EQUITY DAN BRAND IMAGE BATIK MAREM LUMAJANG BATIK MAREM LUMAJANG BATIK MAREM LUMAJANG 

      Mochammad Syuhada Irhamsyah Mochammad Syuhada Irhamsyah Mochammad Syuhada Irhamsyah (2013-12-25)
      Industri batik saat ini menjadi industri primadona dalam dunia Industri Kecil Menengah di Jawa Timur. Ada beberapa industri batik khas Kabupaten Lumajang, salah satunya adalah Industri Batik Marem Lumajang. Perkembanga ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository