Pengaruh Brand Communication Dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Trust (Studi Konsumen Sabun Mandi Merek Lifebuoy Di Kota Jember)
Abstract
Konsumen memiliki harapan terhadap merek harus diperhatikan secara
serius oleh perusahaan. Harapan yang terpenuhi akan membuat perusaahan
memiliki brand image yang positif di mata para konsumen. Brand image yang
positif maka akan konsumen memiliki sikap brand trust terhadap merek yang
diciptakan oleh perusahaan. Konsumen yang sudah memiliki sikap brand trust,
maka konsumen tersebut akan masuk pada tahap selanjutnya yaitu memiliki sikap
brand loyalty terhadap suatu merek. Brand loyalty tersebutlah yang sangat
dibutuhkan perusahaan untuk tetap menjaga eksistensinya di pasar serta mampu
bersaing secara kompetitif dengan para pesaingnya. Untuk mewujudkan itu
semua, hal pertama yang harus dilakukan oleh perusahaan adalah bagaimana
mengenalkan serta mengedukasi konsumen secara luas terhadap merek yang akan
dipasarkan oleh perusahaan atau yang kita kenal dengan Brand Communication.
Industri toiletries adalah industri yang memproduksi produk – produk
konsumen yang digunakan untuk kebersihan maupun kecantikan pribadi. Industri
toiletries terdiri dari ragam produk seperti sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi dan
sampo. Salah satu produk toiletries yang banyak digunakan adalah sabun mandi.
Sabun mandi menjadi produk kebutuhan primer dalam kehidupan karena sebagian
besar masyarakat menggunakan sabun mandi setiap harinya untuk membersihkan
badan dari kuman dan memberi wangi pada tubuh. Perusahaan sabun mandi yang
beredar di pasar di Indonesia, antara lain Lifebuoy, Dove, Lux, Shinzu’i, GIV,
Nuvo, Dettol. Beberapa produk tersebut bersaing secara ketat dalam
memperebutkan konsumen dengan cara terus berkreasi baik dari segi kemasan,
iklan, komunikasi produk, harga, manfaat dan lain sebagainya. Peneliti melakukan
studi terhadap brand loyalty sabun mandi merek Lifebuoy dengan cara melihat
TOP Brand Index, dimana dalam beberapa tahun terakhir sabun Lifebuoy
menduduki peringkat teratas. Hal ini bisa mengindikasikan bahwa brand
communication, brand image, serta brand trust yang dilakukan PT. Unilever
dinilai cukup baik. Namun perlu diuji apakah hal tersebut juga berlaku di Kota
Jember yang dipilih peneliti sebagai tempat penelitian, juga perlu dikaji lebih jauh
seberapa besar pengaruh variable-variabel tersebut dalam mempengaruhi tingkat
brand loyalty sabun mandi merek Lifebuoy itu sendiri.
Berdasarkan fenomena tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk
menguji dan menganalisis pengaruh signifikan brand communication, dan brand
image terhadap brand loyalty melalui brand trust konsumen sabun mandi merek
Lifebuoy di Kota Jember. Objek pada penelitian ini adalah konsumen konsumen
sabun mandi merek Lifebuoy yang pernah menggunakan sabun Lifebuoy itu sendiri. Sampel dari penelitian ini berjumlah 128 responden, dengan jumlah
indikator variabel yaitu 16. Metode analisis yang digunakan yaitu Path Analysis.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, 1). Hasil pengujian regresi
atas pengaruh brand communication terhadap brand trust menunjukkan hubungan
yang positif signifikan. Ini membuktikan brand communication yang baik akan
meningkatkan brand trust. 2). Hasil pengujian regresi atas pengaruh brand image
terhadap brand trust menunjukkan hubungan yang positif signifikan. Ini
membuktikan bahwa brand image yang baik akan meningkatkan brand trust. 3).
Hasil pengujian regresi atas pengaruh brand communication terhadap brand
loyalty menunjukkan hubungan yang positif signifikan. Ini membuktikan brand
communication yang baik akan meningkatkan brand loyalty. 4). Hasil pengujian
regresi atas pengaruh brand image terhadap brand loyalty menunjukkan hubungan
yang positif signifikan. Ini membuktikan brand image yang baik akan
meningkatkan brand loyalty. 5). Hasil pengujian regresi atas pengaruh brand trust
terhadap brand loyalty menunjukkan hubungan yang positif signifikan. Ini
membuktikan brand trust yang baik akan meningkatkan brand loyalty.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pada Konsumen Female Bag Sophie Martin Paris di Kota Jember ( The Effect Of Brand Image and Brand Trust on Brand Loyalty in Consumer Female Bag Sophie Martin Paris in the City of Jember)
Ermawati, Lusy (UNEJ PRESS, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand image dan brand trust terhadap brand loyalty pada konsumen female bag Sophie Martin Paris di Kota Jember. Rancangan penelitian yang digunakan dalam ... -
PENGARUH BRAND LOVE DAN BRAND PERSONALITY SERTA BRAND IMAGE TERHADAP WORD OF MOUTH FASHION SOPHIE PARIS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JEMBER The Influence Of Brand Love And Brand Personality As Well As The Brand Image On Word Of Mouth Fashion Sophie Paris In Student The Economics And Bussiness Faculty Of Universitas Jember
WAHYUNINGTYAS, IDA (UNEJ_PRESS, 2016)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Band Love dan Brand Personality serta Brand Image terhadap Word of Mouth fashion Sophie Paris pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. ... -
PENGARUH PUBLIC RELATION TERHADAP BRAND EQUITY DAN BRAND IMAGE PENGARUH PUBLIC RELATION TERHADAP BRAND EQUITY DAN BRAND IMAGE PENGARUH PUBLIC RELATION TERHADAP BRAND EQUITY DAN BRAND IMAGE BATIK MAREM LUMAJANG BATIK MAREM LUMAJANG BATIK MAREM LUMAJANG
Mochammad Syuhada Irhamsyah Mochammad Syuhada Irhamsyah Mochammad Syuhada Irhamsyah (2013-12-25)Industri batik saat ini menjadi industri primadona dalam dunia Industri Kecil Menengah di Jawa Timur. Ada beberapa industri batik khas Kabupaten Lumajang, salah satunya adalah Industri Batik Marem Lumajang. Perkembanga ...