Pengaruh Atribut Produk, Harga Dan Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Smartphone Oppo Di Kota Jember
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi sangatlah pesat, sehingga para
pelaku ekonomi secara tidak langsung harus mengikuti alur perkembangan
tersebut. Masyarakat pada saat ini memiliki gaya hidup tidak pernah lepas dari
penggunaan teknologi komunikasi, salah satu teknologi komunikasi yang
mengalami perkembangan pesat yaitu handphone yang mulai bergeser menjadi
semakin canggih dan modern, tidak hanya mempunyai fungsi menelepon dan
mengirim pesan saja, fungsi handphone menjadi lebih kompleks dengan
bertambahnya berbagai atribut yang ada dalam produk. Hal ini memaksa
perusahaan melakukan inovasi-inovasi baru dengan menambah berbagai macam
atribut produk dan memperhatikan harga produk yang dapat menjangkau semua
kalangan. Perubahan handphone ke smartphone membuat konsumen tidak hanya
ingin memiliki suatu produk smartphone karena fungsinya saja, tetapi juga rasa
puas, rasa bangga dan pengakuan yang didapatkan karena memiliki produk
tersebut. Proses untuk menciptakan kepuasan konsumen memerlukan adanya
suatu atribut produk , harga, merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah atribut produk, harga dan merek dapat mempengaruhi
kepuasan konsumen smartphone Oppo di kota Jember.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen smartphone Oppo yang
berada di kota Jember, khususnya lingkungan kampus Tegalboto dengan sampel
sebanyak 100 responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Atribut Produk, Harga dan Merek sebagai variabel bebas dan Kepuasan
Konsumen sebagai variabel terikat. Metode sampling yang digunakan adalah
purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis resgresi linier
berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa atribut produk, harga dan
merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen smartphone Oppo di
kota Jember. Hasil dari atribut produk terhadap kepuasan dipengaruhi karena
adanya kualitas yang baik dari smartphone Oppo meliputi kejernihan kamera,
kapasitas memori internal dan daya tahan baterai, fitur dengan spesifikasi yang
canggih meliputi sinyal 4G, dual simcard dan sistem android, dan desain produk
dari segi chassing yang menarik. Hasil harga terhadap kepuasan dipengaruhi
karena harga dari smartphone Oppo yang layak dan terjangkau atau sesuai dengan
kemampuan konsumen dan harga smartphone Oppo yang sesuai dengan manfaat
yang diperoleh konsumen. Sedangkan hasil merek terhadap kepuasaan
dipengaruhi karena merek smartphone Oppo memiliki lambang dan nama yang
mudah diingat oleh konsumen, serta merek memiliki ciri khas pada kualitas
kamera yang membedakan dengan produk smartphone yang lain.