• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH QUANTUM LEARNING TERHADAP SIKAP DALAM MENCEGAH HIV/AIDS PADA REMAJA MA DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM SUREN KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Nurul Mustofiah Roisatin_1.pdf (197.6Kb)
    Date
    2013-12-13
    Author
    Nurul Mustofiah Roisatin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Data Dinas Kesehatan Kabupaten Jember menunjukkan kasus HIV-AIDS yang terus meningkat sejak pertama kali ditemukan di Jember pada tahun 2004. Kasus HIV-AIDS tersebut ditemukan pada sebagian besar kecamatan di Kabupaten Jember. Remaja merupakan usia yang juga berisiko terinfeksi HIV. Pengurangan risiko terinfeksi HIV-AIDS dapat dilakukan melalui upaya pencegahan salah satunya melalui pendidikan kesehatan. Metode pendidikan yang paling tepat untuk remaja adalah quantum learning. Quantum learning adalah metode pendidikan yang dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi, motivasi, sikap menjadi lebih positif, ketrampilan hidup. Sikap dapat dikembangkan menjadi lebih positif untuk dapat mengembangkan perilaku. Intervensi quantum learning dapat dilakukan pada segala usia, sedangkan intervensi ini sendiri dilakukan di pondok pesantren terutama remaja Madrasah Aliyah. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk usaha promotif kepada santri. Hal tersebut disebabkan santri masuk dalam kategori remaja yang juga berisiko terinfeksi HIV-AIDS, sehingga perlu dilakukan upaya pemahaman mengenai HIV-AIDS pada santri untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap menjadi lebih positif untuk mencegah HIV-AIDS. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi sikap dalam mencegah HIVAIDS pada santri remaja MA di Pondok Pesantren sebelum intervensi, sesudah intervensi, dan pengaruh quantum learning terhadap sikap dalam mencegah HIVAIDS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah 39 orang dengan menggunakan tehnik stratified random sampling. Data analisis dengan uji wilcoxon signed rank test untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah intervensi pada sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap dalam mencegah HIV-AIDS sebelum intervensi 21 santri memiliki sikap positif dan 18 santri memiliki sikap negatif, sedangkan setelah intervensi 31 santri memiliki sikap positif sisanya 8 santri. Hasil analisis menggunakan wilcoxon signed rank test melalui SPSS didapatkan bahwa p value
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8798
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1609]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository