• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Antara Kerusakan Jalan Dan Biaya Operasional Kendaraan Pada Jalan Kolektor Perkotaan Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Agustina Tri Lestari - 141910301038.pdf Sdh.pdf (4.312Mb)
    Date
    2018-07-30
    Author
    Lestari, Agustina Tri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kondisi jalan yang rusak akan berdampak pada kecepatan kendaraan yang melintasinya. Kecepatan akan semakin menurun pada jalan yang kondisinya semakin buruk. (Kusdiantoro, 2014). Apabila kondisi jalan yang mengalami kerusakan tersebut tidak segera dilakukan perbaikan maka biaya yang dikeluarkan akan lebih besar, semakin lama kerusakan jalan tersebut dibiarkan maka semakin besar pula biaya operasional kendaraan.(Damayanti, 2004). Dengan hubungan antara kondisi kerusakan jalan terhadap kecepatan dan kondisi kerusakan jalan terhadap Biaya Operasional Kendaraan (BOK) maka kecepatan berbanding terbalik dengan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) yang dimana kecepatan yang semakin menurun akan mengakibatkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) akan semakin besar Biaya Operasional Kendaraan (BOK) adalah biaya total yang dibutuhkan untuk beroperasinya suatu kendaran pada kondisi lalu lintas dan jalan untuk satu jenis kendaraan per kilometer jarak tempuh (Rp/km). Biaya Operasional Kendaraan (BOK) ini dihitung dengan menggunakan metode Pacific Consultant International (PCI). Perhitungan metode PCI ini berdasarkan kecepatan tempuh bergerak yang melewati ruas jalan yang ditinjau. (Arafat, 2014). Perhitungan komponen BOK metode PCI masih dalam satuan per 1000 km sehingga untuk mendapatkan nilai satuan per km diperlukan jarak dari yang dialui, untuk kecepatan (running speed) dalam km/jam. (Burhamtoro, 2016). Perhitungan dilakukan pada dua kondisi yaitu pada kondisi jalan di tahun 2016 dan pada kondisi jalan di tahun 2018 kemudian dilakukan perbandingan BOK dari keduanya. Penelitian ini dilakukan pada 6 ruas jalan kolektor di Jember ( Jalan Dr Soebandi, Jalan Sarangan, Jalan Tapaksiring, Jalan Cempaka, Jalan Yos Sudarso, Jalan Wolter Monginsidi) yang diperbaiki pada tahun 2013-2015.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86718
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4266]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository