Profil Antisipasi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Integral
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya siswa dalam menyelesaikan masalah integral khusunya luas daerah.
Banyak siswa hanya
menyelesaikan masalah
integral hanya berdasarkan rumus yang sudah disediakan.
Siswa
jarang mengaitkan konsep-konsep
yang saling
terkait, dalam hal ini konsep integral subpokokba-
hasan luas daerah.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Profil antisipasi siswa SMA dalam memecah-
kan masalah integral. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk membantu siswa mengaitkan
konsep-konsep yang belum terkait. Penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara. Tes berupa tes
kemampuan matematika yang diberikan kepada siswa, sehingga diperoleh siswa berkemampuan tinggi dan
wawancara diberikan kepada siswa yang bersangkutan untuk menggali dan melihat jaringan konsep yang
dimiliki siswa dalam menyelesaikan masalah integral. Subjek dalam penelitian ini termasuk dalam antisipasi
terinternasilsasi dikarenakan siswa secara spontan menerapkan rumus integral tanpa menganalisis soal yang
diberikan.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7356]