• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE-A MATCH DENGAN MEDIA POSTER MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA BERDASARKAN KENAMPAKAN ALAM KELAS IV SEMESTER GANJIL DI SDN TAMANSARI 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Mohammad Syahroni_1.pdf (72.73Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    Mohammad Syahroni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan pembelajaran di SDN Tamansari 04 Jember kurang meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam pembelajaran IPS, sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal tersebut disebabkan karena guru kelas IV dalam kegiatan pembelajaran masih kurang bervariasi dan pembelajarannya masih menggunakan pola guru sentris, yaitu pembelajaran yang berfokus pada bagaimana seorang guru mengajar dan guru sebagai satu-satunya sumber utama pengetahuan. Oleh karena itu, guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Model pembelajaran kooperatif tipe make-a match adalah suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil yang memiliki tingkat kemampuan berbeda yaitu siswa disuruh mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau soal sebelum batas waktunya, siswa yang dapat mencocokkan kartunya diberi poin. Media Poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe make-a match dengan media poster mata pelajaran IPS pokok bahasan keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam kelas IV semester ganjil SDN Tamansari 04 Jember Tahun Pelajaran 2011-2012?, (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe make-a match dengan media poster mata pelajaran IPS pokok bahasan keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam kelas IV semester ganjil SDN Tamansari 04 Jember Tahun Pelajaran 2011-2012? Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe make-a match dengan media poster mata pelajaran IPS pokok bahasan keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam kelas IV semester ganjil SDN Tamansari 04 Jember Tahun Pelajaran 2011-2012, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe make-a match dengan media poster mata pelajaran IPS pokok bahasan keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam kelas IV semester ganjil SDN Tamansari 04 Jember Tahun Pelajaran 2011-2012. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Tamansari 04 Jember yang terdiri dari 21 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 22 Agustus 2011 sampai dengan 26 Oktober 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tamansari 04 Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 42,86% dalam kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II sebesar 60,12% dalam kategori aktif. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 63,33% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 52,38%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 73,09%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 90,48% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Tamansari 04 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17,26%, sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 9,76% dan ketuntasannya sebesar 38,10%. Oleh karena itu penelitian di SDN Tamansari 04 Jember tuntas. Saran yang berkaitan dengan pembelajaran IPS menggunakan model cooperative learning tipe make-a match dengan media poster, sebaiknya guru berupaya mencari alternatif terbaik bagi siswanya, siswa hendaknya lebih bersemangat dan aktif dalam mencari informasi, serta menjadi masukan bagi penelitian sejenis dengan pokok bahasan yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8277
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository