Show simple item record

dc.contributor.authorMohammad Syahroni
dc.date.accessioned2013-12-12T00:36:18Z
dc.date.available2013-12-12T00:36:18Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM080210204086
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8277
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran di SDN Tamansari 04 Jember kurang meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam pembelajaran IPS, sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal tersebut disebabkan karena guru kelas IV dalam kegiatan pembelajaran masih kurang bervariasi dan pembelajarannya masih menggunakan pola guru sentris, yaitu pembelajaran yang berfokus pada bagaimana seorang guru mengajar dan guru sebagai satu-satunya sumber utama pengetahuan. Oleh karena itu, guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Model pembelajaran kooperatif tipe make-a match adalah suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil yang memiliki tingkat kemampuan berbeda yaitu siswa disuruh mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau soal sebelum batas waktunya, siswa yang dapat mencocokkan kartunya diberi poin. Media Poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe make-a match dengan media poster mata pelajaran IPS pokok bahasan keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam kelas IV semester ganjil SDN Tamansari 04 Jember Tahun Pelajaran 2011-2012?, (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe make-a match dengan media poster mata pelajaran IPS pokok bahasan keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam kelas IV semester ganjil SDN Tamansari 04 Jember Tahun Pelajaran 2011-2012? Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe make-a match dengan media poster mata pelajaran IPS pokok bahasan keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam kelas IV semester ganjil SDN Tamansari 04 Jember Tahun Pelajaran 2011-2012, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe make-a match dengan media poster mata pelajaran IPS pokok bahasan keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam kelas IV semester ganjil SDN Tamansari 04 Jember Tahun Pelajaran 2011-2012. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Tamansari 04 Jember yang terdiri dari 21 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 22 Agustus 2011 sampai dengan 26 Oktober 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tamansari 04 Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 42,86% dalam kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II sebesar 60,12% dalam kategori aktif. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 63,33% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 52,38%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 73,09%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 90,48% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Tamansari 04 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17,26%, sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 9,76% dan ketuntasannya sebesar 38,10%. Oleh karena itu penelitian di SDN Tamansari 04 Jember tuntas. Saran yang berkaitan dengan pembelajaran IPS menggunakan model cooperative learning tipe make-a match dengan media poster, sebaiknya guru berupaya mencari alternatif terbaik bagi siswanya, siswa hendaknya lebih bersemangat dan aktif dalam mencari informasi, serta menjadi masukan bagi penelitian sejenis dengan pokok bahasan yang berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204086;
dc.subjectMODEL COOPERATIVE LEARNING, MEDIA POSTER MATAen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE-A MATCH DENGAN MEDIA POSTER MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA BERDASARKAN KENAMPAKAN ALAM KELAS IV SEMESTER GANJIL DI SDN TAMANSARI 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record