PENGEMBANGAN MODUL BUNDLING MENGGUNAKAN ASSOCIATION RULE ALGORITMA APRIORI PADA SISTEM INFORMASI PENJUALAN ADIEN MART SEBAGAI STRATEGI PROMOSI PENJUALAN BARANG KURANG LARIS
Abstract
Adien Mart terletak di daerah Kabupaten Jember yang beralamatkan di Jl.
Cokroaminnoto, Kalisat, Kabupaten Jember. Adien Mart merupakan toko
perlengkapan kebutuhan sehari-hari yang meliputi, kebutuhan sekolah, rumah tangga
dan kantor. Adien mart menggunakan aplikasi penjualan berbasis desktop untuk
bertransaksi. Sehingga aplikasi tersebut dapat membantu pihak Adien Mart dalam
melakukan rekapitulasi dalam penjualan. Tetapi, belum ada startegi khusus yang
dilakukan untuk meningkatkan penjualan barang misalkan untuk meningkatkan
penjualan barang kurang laris. Strategi penjualan bisa diterapkan dengan menambah
fitur bundling yang mampu merekomendasikan barang apa saja yang tepat untuk di
paketkan (bundling). Fitur bundling dapat di kembangkan dengan menggunakan data
penjualan sebelumnya untuk mengetahui sebuah informasi baru yang dapat
dimanfaatkan untuk pencarian pola pembelian konsumen.
Pada penelitian ini dibangun sebuah Sistem Informasi Penjualan yang di
dalamnya terdapat pengembangan fitur budling yang diharapkan mampu sebagai
strategi promosi barang kurang laris. Metode yang digunakan dalam sistem ini adalah
Associatioon Rule Algoritma Apriori. Sistem ini dibangun menggunakan bahas
pemrograman Page Hypertext Pre-Processor (PHP) dan framework Code Ignither
(CI). Berdasarkan hasil pengujian terhadap sistem, banyaknya rule dalam pencarian
pola pembelian konsumen dipengaruhhi oleh nilai minimum support dan nilai
minimum confidence yang menjadi batasan.