• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B MELALUI PENERAPAN METODE SIMULASI DI TK DHARMA WANITA KECAMATAN TEGAL GEDE KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Resti Pra Desti - 130210205019_.pdf (4.089Mb)
    Date
    2017-10-20
    Author
    DESTI, Resti Pra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan temuan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagimanakah proses metode simulasi yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Tegal Gede Sumbersari Jember? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar anak kelompok B dalam keterampilan berbicara melalui metode simulasi di TK Dharma Wanita Tegal Gede Sumbersari Jember?. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan metode simulasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B di TK Dharma Wanita Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember (2) meningkatkan hasil belajar anak kelompok B dalam keterampilan berbicara melalui metode simulasi di TK Dharma Wanita Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Tegal Gede Sumbersari Jember tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan unjuk kerja. Proses penerapan metode simulasi dalam penelitian ini dilakukan 2 siklus. Siklus I guru meminta anak untuk memainkan simulasi dengan gambar jenis-jenis tumbuhan yang disediakan oleh guru, kemudian anak memerankan dirinya seolaholah tumbuhan dengan menyebutkan ciri-ciri dan manfaatnya. Pada saat kegiatan simulasi berlangsung masih terdapat anak yang kurang berani dan bicaranya masih ragu-ragu, untuk mengatasi kekurangan pada siklus I guru melakukan perbaikan pada siklus II dengan cara memberikan contoh bagaimana caranya memainkan simulasi jenis tumbuhan dengan berperan seolah-olah sebagai pohon kelapa. Guru mengajak anak menggerakkan anggota tubuhnya untuk memperdalam perannya saat bersimulasi, contohnya anak menggerakkan tangan pada saat mensimulasikan daun. Proses simulasi siklus II menggunakan topi bergambar jenis tumbuhan. Pada siklus II didapatkan hasil yaitu anak mulai berani tampil dengan percaya diri dan memperhatikan aspek-aspek berbicara diantaranya pilihan kata, gerak-gerik/mimik, kelancaran, dan keberanian. Peningkatan keterampilan berbicara anak setelah diterapkan metode simulasi diketahui nilai rata-rata belajar anak pada prasiklus 62,35 menjadi 68,37 pada siklus I dan 84,18 pada siklus II. Berdasrkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode simulasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Tegal Gede Sumbersari Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82380
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository