PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Konsumen Cempaka Hill Hotel Jember)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada
Konsumen Cempaka Hill Hotel Jember). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kepuasan
konsumen pada Cempaka Hill Hotel Jember. Saat ini, persaingan dalam industri jasa salah satunya
jasa perhotelan semakin pesat. Para pelaku bisnis harus memikirkan strategi yang tepat untuk
memberikan kepuasan terhadap konsumen agar mampu memenangkan persaingan. Bauran pemasaran
merupakan suatu perangkat yang akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran bagi perusahaan, dan
semua ini di tunjukkan untuk memberikan kepuasan kepada segmen pasar atau konsumennya.
Penelitian ini dilakukan pada konsumen Cempaka Hill Hotel Jember. Penelitian ini merupakan
penelitian eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
konsumen yang pernah/telah menginap di Cempaka Hill Hotel Jember. Jumlah sampel ditentukan dengan
menggunakan rumus Ferdinand dengan teknik sampling aksidental. Pengumpulan data dilakukan dengan
kuesioner, kemudian metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, dengan
menggunakan uji t. Regresi digunakan untuk memberikan gambaran mengenai pengaruh variabel
independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan persamaan regresi Y= 0,011 + 0,108x. Kesimpulan dari
penelitian ini bahwa Bauran Pemasaran Jasa berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen.