PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Konsumen Cempaka Hill Hotel Jember)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada 
Konsumen Cempaka Hill Hotel Jember). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kepuasan 
konsumen pada Cempaka Hill Hotel Jember. Saat ini, persaingan dalam industri jasa salah satunya 
jasa perhotelan semakin pesat. Para pelaku bisnis harus memikirkan strategi yang tepat untuk 
memberikan kepuasan terhadap konsumen agar mampu  memenangkan persaingan. Bauran pemasaran 
merupakan suatu perangkat yang akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran bagi perusahaan, dan 
semua ini di  tunjukkan untuk memberikan kepuasan kepada segmen pasar atau konsumennya.
Penelitian ini dilakukan pada konsumen Cempaka Hill Hotel Jember. Penelitian ini merupakan 
penelitian eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh 
konsumen yang pernah/telah menginap di Cempaka Hill Hotel Jember. Jumlah sampel ditentukan dengan 
menggunakan rumus Ferdinand dengan teknik sampling aksidental. Pengumpulan data dilakukan dengan 
kuesioner, kemudian metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, dengan 
menggunakan uji t. Regresi digunakan untuk memberikan gambaran mengenai pengaruh variabel 
independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa 
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan persamaan regresi Y= 0,011 + 0,108x. Kesimpulan dari 
penelitian ini bahwa Bauran Pemasaran Jasa berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen.
