Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) Pada Pokok Bahasan Gerak Harmonis Sederhana Di Sma
Abstract
Dampak kemajuan teknologi pada dunia pendidikan sangatlah luar biasa.
Fisika merupakan salah satu cabang IPA yang mendasari perkembangan
teknologi. Oleh karena itu di dalam pembelajaran fisika harus berorientasi pada
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menyajikan berbagai
aktivitas scientific. Dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran
sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan
komputer. Namun sayangnya, dalam pembelajaran fisika bahan ajar yang
digunakan berupa buku teks. Menurut pendapat siswa bahan ajar tersebut kurang
menarik, membuat jenuh, sulit dipahami dan belum ada campur tangan guru
dalam proses pembuatannya.
Mengacu pada kebutuhan siswa dan tuntutan global saat ini yang
mengharuskan pendidikan untuk senantiasa menyesuaikan dengan perkembangan
teknologi, maka dapat dihadirkan suatu bahan ajar berbasis Computer Assisted
Instruction. Dengan adanya bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction,
maka komputer akan digunakan untuk pembelajaran langsung pada siswa. Oleh
karena itu tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu bahan
ajar berbasis Computer Assisted Instruction pada pokok bahasan gerak harmonis
sederhana di SMA. Selanjutnya hasil produk pengembangan tersebut akan di
validasi untuk menentukan kelayakana dan akan di implementasikan kepada siswa
untuk mengukur hasil belajar dan respon siswa setelah menggunakan bahan ajar
berbasis Computer Assisted Instruction.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dirancang untuk
menghasilkan suatu produk bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction.
Model pengembangan yang dipilih untuk mengembangkan bahan ajar berbasis CAI adalah model pengembangan Hannafin dan Peck. Model pengembangan ini
terdiri atas tiga tahap utama yaitu penilaian kebutuhan, desain, dan pengembangan
& implementasi. Teknik perolehan data yang digunakan adalah validasi, tes,
angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan data yang diperoleh berupa hasil
validasi, hasil belajar siswa, dan respon siswa.
Secara umum hasil validasi bahan ajar berbasis Computer Assisted
Instruction adalah 4,23 dan bahan ajar dikategorikan valid. Rata-rata Hasil belajar
(kognitif, afektif, dan psikomotorik) siswa kelas X MIPA 6 SMAN 4 Jember
setelah menggunakan bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction adalah
83. Menurut kriteria hasil belajar oleh Hobri (2010) maka hasil belajar siswa
tersebut masuk pada kategori tinggi. Berdasarkan angket respon siswa, rata-rata
percentage of agreement siswa terhadap bahan ajar berbasis Computer Assisted
Instrustion adalah 79% yang berarti bahan ajar berbasis Computer Assisted
Instrustion mendapat respon positif dari siswa.
Berdasarkan data yang diperoleh dan analisis yang dilakukan maka
diperoleh kesimpulan: 1) bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction
dikategorikan valid atau layak digunakan, 2) hasil belajar siswa setelah
menggunakan bahan bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction (CAI)
pada pokok bahasan gerak harmonis sederhana di SMA dikategorikan tinggi, dan
3) bahan ajar gerak harmonis sederhana berbasis CAI (Computer Assisted
Instruction) pada pokok bahasan gerak harmonis sederhana di SMA mendapat
respon positif dari siswa.