• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) Pada Pokok Bahasan Gerak Harmonis Sederhana Di Sma

    Thumbnail
    View/Open
    Sepdiana Widya Rahmawati.pdf (3.604Mb)
    Date
    2017-10-19
    Author
    Rahmawati, Sepdiana Widya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dampak kemajuan teknologi pada dunia pendidikan sangatlah luar biasa. Fisika merupakan salah satu cabang IPA yang mendasari perkembangan teknologi. Oleh karena itu di dalam pembelajaran fisika harus berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menyajikan berbagai aktivitas scientific. Dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Namun sayangnya, dalam pembelajaran fisika bahan ajar yang digunakan berupa buku teks. Menurut pendapat siswa bahan ajar tersebut kurang menarik, membuat jenuh, sulit dipahami dan belum ada campur tangan guru dalam proses pembuatannya. Mengacu pada kebutuhan siswa dan tuntutan global saat ini yang mengharuskan pendidikan untuk senantiasa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, maka dapat dihadirkan suatu bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction. Dengan adanya bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction, maka komputer akan digunakan untuk pembelajaran langsung pada siswa. Oleh karena itu tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction pada pokok bahasan gerak harmonis sederhana di SMA. Selanjutnya hasil produk pengembangan tersebut akan di validasi untuk menentukan kelayakana dan akan di implementasikan kepada siswa untuk mengukur hasil belajar dan respon siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dirancang untuk menghasilkan suatu produk bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction. Model pengembangan yang dipilih untuk mengembangkan bahan ajar berbasis CAI adalah model pengembangan Hannafin dan Peck. Model pengembangan ini terdiri atas tiga tahap utama yaitu penilaian kebutuhan, desain, dan pengembangan & implementasi. Teknik perolehan data yang digunakan adalah validasi, tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan data yang diperoleh berupa hasil validasi, hasil belajar siswa, dan respon siswa. Secara umum hasil validasi bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction adalah 4,23 dan bahan ajar dikategorikan valid. Rata-rata Hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotorik) siswa kelas X MIPA 6 SMAN 4 Jember setelah menggunakan bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction adalah 83. Menurut kriteria hasil belajar oleh Hobri (2010) maka hasil belajar siswa tersebut masuk pada kategori tinggi. Berdasarkan angket respon siswa, rata-rata percentage of agreement siswa terhadap bahan ajar berbasis Computer Assisted Instrustion adalah 79% yang berarti bahan ajar berbasis Computer Assisted Instrustion mendapat respon positif dari siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dan analisis yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan: 1) bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction dikategorikan valid atau layak digunakan, 2) hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) pada pokok bahasan gerak harmonis sederhana di SMA dikategorikan tinggi, dan 3) bahan ajar gerak harmonis sederhana berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) pada pokok bahasan gerak harmonis sederhana di SMA mendapat respon positif dari siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82261
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository