Show simple item record

dc.contributor.advisorWahyuni, Sri
dc.contributor.advisorPutra, Pramudya Dwi Aristya
dc.contributor.authorRahmawati, Sepdiana Widya
dc.date.accessioned2017-10-19T02:44:19Z
dc.date.available2017-10-19T02:44:19Z
dc.date.issued2017-10-19
dc.identifier.nimNIM130210102027
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82261
dc.description.abstractDampak kemajuan teknologi pada dunia pendidikan sangatlah luar biasa. Fisika merupakan salah satu cabang IPA yang mendasari perkembangan teknologi. Oleh karena itu di dalam pembelajaran fisika harus berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menyajikan berbagai aktivitas scientific. Dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Namun sayangnya, dalam pembelajaran fisika bahan ajar yang digunakan berupa buku teks. Menurut pendapat siswa bahan ajar tersebut kurang menarik, membuat jenuh, sulit dipahami dan belum ada campur tangan guru dalam proses pembuatannya. Mengacu pada kebutuhan siswa dan tuntutan global saat ini yang mengharuskan pendidikan untuk senantiasa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, maka dapat dihadirkan suatu bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction. Dengan adanya bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction, maka komputer akan digunakan untuk pembelajaran langsung pada siswa. Oleh karena itu tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction pada pokok bahasan gerak harmonis sederhana di SMA. Selanjutnya hasil produk pengembangan tersebut akan di validasi untuk menentukan kelayakana dan akan di implementasikan kepada siswa untuk mengukur hasil belajar dan respon siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dirancang untuk menghasilkan suatu produk bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction. Model pengembangan yang dipilih untuk mengembangkan bahan ajar berbasis CAI adalah model pengembangan Hannafin dan Peck. Model pengembangan ini terdiri atas tiga tahap utama yaitu penilaian kebutuhan, desain, dan pengembangan & implementasi. Teknik perolehan data yang digunakan adalah validasi, tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan data yang diperoleh berupa hasil validasi, hasil belajar siswa, dan respon siswa. Secara umum hasil validasi bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction adalah 4,23 dan bahan ajar dikategorikan valid. Rata-rata Hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotorik) siswa kelas X MIPA 6 SMAN 4 Jember setelah menggunakan bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction adalah 83. Menurut kriteria hasil belajar oleh Hobri (2010) maka hasil belajar siswa tersebut masuk pada kategori tinggi. Berdasarkan angket respon siswa, rata-rata percentage of agreement siswa terhadap bahan ajar berbasis Computer Assisted Instrustion adalah 79% yang berarti bahan ajar berbasis Computer Assisted Instrustion mendapat respon positif dari siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dan analisis yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan: 1) bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction dikategorikan valid atau layak digunakan, 2) hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan bahan ajar berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) pada pokok bahasan gerak harmonis sederhana di SMA dikategorikan tinggi, dan 3) bahan ajar gerak harmonis sederhana berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) pada pokok bahasan gerak harmonis sederhana di SMA mendapat respon positif dari siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210102027;
dc.subjectComputer Assisted Instruction (CAI)en_US
dc.subjectPengembangan Bahan Ajaren_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) Pada Pokok Bahasan Gerak Harmonis Sederhana Di Smaen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record