Show simple item record

dc.contributor.authorINDRA SEPTIAN ARIADI
dc.date.accessioned2013-12-11T08:13:25Z
dc.date.available2013-12-11T08:13:25Z
dc.date.issued2013-12-11
dc.identifier.nimNIM051510201019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8175
dc.description.abstractMelon banyak diusahakan oleh petani karena mampu meningkatkan pendapatan. Hal ini disebabkan minat pasar yang cukup besar pada buah melon sendiri. Permintaan buah melon selalu meningkat karena pasar yang ada masih cukup luas. Produksi melon yang tinggi belum tentu memberikan pendapatan yang tinggi kepada petani. Hal ini dikarenakan petani melon kurang memperhatikan faktor-faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi pendapatannya. Faktor-faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi pendapatan petani melon adalah produksi, harga melon, biaya produksi, umur dan pendidikan formal petani. Selain itu peningkatan pendapatan petani juga disebabkan oleh pemasaran yang dilakukan oleh petani melon masih belum efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor-faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi pendapatan petani melon di Kecamatan Ambulu, (2) saluran pemasaran melon di Kecamatan Ambulu, (3) efisiensi pemasaran melon di Kecamatan Ambulu. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif dan korelasional, dengan metode pengambilan contoh secara Total Sampling dan Snow Ball Rolling. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan petani responden menggunakan kuisioner, data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, deskriptif, efisiensi pemasaran dan margin pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan (1) faktor-faktor sosial ekonomi yang berpengaruh nyata terhadap pendapatan petani melon di Kecamatan Ambulu adalah produksi, harga melon dan biaya produksi. Sedangkan faktor-faktor sosial ekonomi yang berpengaruh tidak nyata terhadap pendapatan petani melon di Kecamatan Ambulu adalah umur petani dan pendidikan. (2) Saluran pemasaran melon yang terjadi di Kecamatan Ambulu terdapat tiga saluran pemasaran, (3) Nilai efisiensi pemasaran saluran pemasaran I adalah 0,02%, saluran pemasaran II adalah 0,04% dan saluran pemasaran III adalah 0,06%. Dari ketiga saluran pemasaran melon adalah efisien namun yang paling efisien adalah saluran pemasaran I.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries051510201019;
dc.subjectK o m o d i t a s M e l o nen_US
dc.titleEFISIENSI PEMASARAN KOMODITAS MELON DI KECAMATAN AMBULU KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record