EFISIENSI PEMASARAN KOMODITAS MELON DI KECAMATAN AMBULU KABUPATEN JEMBER
Abstract
Melon banyak diusahakan oleh petani karena mampu meningkatkan
pendapatan. Hal ini disebabkan minat pasar yang cukup besar pada buah melon
sendiri. Permintaan buah melon selalu meningkat karena pasar yang ada masih
cukup luas. Produksi melon yang tinggi belum tentu memberikan pendapatan
yang tinggi kepada petani. Hal ini dikarenakan petani melon kurang
memperhatikan faktor-faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi pendapatannya.
Faktor-faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi pendapatan petani melon
adalah produksi, harga melon, biaya produksi, umur dan pendidikan formal
petani. Selain itu peningkatan pendapatan petani juga disebabkan oleh pemasaran
yang dilakukan oleh petani melon masih belum efisien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor-faktor sosial
ekonomi yang mempengaruhi pendapatan petani melon di Kecamatan Ambulu,
(2) saluran pemasaran melon di Kecamatan Ambulu, (3) efisiensi pemasaran
melon di Kecamatan Ambulu. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif
dan korelasional, dengan metode pengambilan contoh secara Total Sampling dan
Snow Ball Rolling. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan petani
responden menggunakan kuisioner, data sekunder diperoleh dari instansi terkait.
Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, deskriptif, efisiensi
pemasaran dan margin pemasaran.
Hasil penelitian menunjukkan (1) faktor-faktor sosial ekonomi yang
berpengaruh nyata terhadap pendapatan petani melon di Kecamatan Ambulu
adalah produksi, harga melon dan biaya produksi. Sedangkan faktor-faktor sosial
ekonomi yang berpengaruh tidak nyata terhadap pendapatan petani melon di
Kecamatan Ambulu adalah umur petani dan pendidikan. (2) Saluran pemasaran
melon yang terjadi di Kecamatan Ambulu terdapat tiga saluran pemasaran, (3)
Nilai efisiensi pemasaran saluran pemasaran I adalah 0,02%, saluran pemasaran II adalah 0,04% dan saluran pemasaran III adalah 0,06%. Dari ketiga saluran
pemasaran melon adalah efisien namun yang paling efisien adalah saluran
pemasaran I.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]