Show simple item record

dc.contributor.advisorAndrianto, Anang
dc.contributor.advisorHidayat, Muhamad Arief
dc.contributor.authorRoviqi, Haris Arfan
dc.date.accessioned2017-08-10T06:56:26Z
dc.date.available2017-08-10T06:56:26Z
dc.date.issued2017-08-10
dc.identifier.nim122410101097
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81009
dc.description.abstractToko pertanian Sinar Tani merupakan toko yang menjual produk retail keperluan petani seperti pupuk, bibit, obat – obatan dan alat pertanian. Salah satu cara untuk meningkatkan penghasilan dalam toko pertanian Sinar Tani adalah dengan menggunakan strategi penjualan. Strategi penjualan yang dapat dilakukan adalah dengan cara melakukan promosi. Promosi sangat penting bagi perusahaan, karena dapat meningkatkan pendapatan. Toko pertanian Sinar Tani dapat memanfaatkan pola penjualan dengan membuat paket produk sebagai promosi. Pola penjualan pada toko pertanian terjadi karena menjual berbagai jenis produk dan memiliki banyak data transaksi penjualan. Perusahaan tidak mungkin melakukan analisa transaksi secara manual untuk mencari paket produk. Data transaksi penjualan yang besar dan pencatatan manual dapat membuat perusahaan sulit menentukan paket produk. Penentuan paket produk dapat dilakukan dengan membangun sistem dan memanfaatkan program dengan konsep datamining yaitu Association Rules dengan menggunakan algoritma Apriori. Pada penelitain ini dibangun sistem informasi penentuan paket produk dengan menggunakan algoritma Apriori, sehingga membantu dalam proses transaksi penjualan pada toko pertanian Sinar Tani. Algoritma Apriori dapat dilakukan dengan cara melakuan scan data berupa data transaksi dan melakukan setting pada pengaturan paket produk. Setting pada pengaturan paket produk berupa nilai maksimal paket, minimal support dan minimal confidence. Algoritma Apriori akan menjabarkan pasangan item yang terbentuk dari scan data transaksi dengan menggunakan nilai pada maksimal paket. Nilai minimal support akan mencari minimal frequent itemsets disetiap penjabaran pasangan item yang terbentuk, dan nilai minimal confidence untuk mencari persentase confidence dari pasangan yang memenuhi nilai minimal support. Sistem ini telah di uji dengan membandingkan perhituangan manual dan sistem, dan menghasilkan paket produk yang sama. Dataset yang digunakan menggunakan 20 transaksi dengan 4 jenis produk. Setting pengaturan paket produk yaitu maksimal paket 3, minimal support 3 dan minimal confidence 50%.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPAKET PRODUKen_US
dc.subjectALGORITMA APRIORIen_US
dc.subjectTOKO PERTANIAN SINAR TANIen_US
dc.subjectSISTEM INFORMASIen_US
dc.titleSISTEM INFORMASI PENENTUAN PAKET PRODUK PADA "TOKO PERTANIAN SINAR TANI" MENGGUNAKAN ALGORITMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record