SISTEM INFORMASI PENENTUAN PAKET PRODUK PADA "TOKO PERTANIAN SINAR TANI" MENGGUNAKAN ALGORITMA
Abstract
Toko pertanian Sinar Tani merupakan toko yang menjual produk retail keperluan
petani seperti pupuk, bibit, obat – obatan dan alat pertanian. Salah satu cara untuk
meningkatkan penghasilan dalam toko pertanian Sinar Tani adalah dengan
menggunakan strategi penjualan. Strategi penjualan yang dapat dilakukan adalah
dengan cara melakukan promosi. Promosi sangat penting bagi perusahaan, karena
dapat meningkatkan pendapatan. Toko pertanian Sinar Tani dapat memanfaatkan pola
penjualan dengan membuat paket produk sebagai promosi. Pola penjualan pada toko
pertanian terjadi karena menjual berbagai jenis produk dan memiliki banyak data
transaksi penjualan. Perusahaan tidak mungkin melakukan analisa transaksi secara
manual untuk mencari paket produk. Data transaksi penjualan yang besar dan
pencatatan manual dapat membuat perusahaan sulit menentukan paket produk.
Penentuan paket produk dapat dilakukan dengan membangun sistem dan
memanfaatkan program dengan konsep datamining yaitu Association Rules dengan
menggunakan algoritma Apriori.
Pada penelitain ini dibangun sistem informasi penentuan paket produk dengan
menggunakan algoritma Apriori, sehingga membantu dalam proses transaksi penjualan
pada toko pertanian Sinar Tani. Algoritma Apriori dapat dilakukan dengan cara
melakuan scan data berupa data transaksi dan melakukan setting pada pengaturan paket
produk. Setting pada pengaturan paket produk berupa nilai maksimal paket, minimal
support dan minimal confidence. Algoritma Apriori akan menjabarkan pasangan item
yang terbentuk dari scan data transaksi dengan menggunakan nilai pada maksimal
paket. Nilai minimal support akan mencari minimal frequent itemsets disetiap
penjabaran pasangan item yang terbentuk, dan nilai minimal confidence untuk mencari
persentase confidence dari pasangan yang memenuhi nilai minimal support. Sistem ini
telah di uji dengan membandingkan perhituangan manual dan sistem, dan
menghasilkan paket produk yang sama. Dataset yang digunakan menggunakan 20
transaksi dengan 4 jenis produk. Setting pengaturan paket produk yaitu maksimal paket
3, minimal support 3 dan minimal confidence 50%.