MODEL PEMBINAAN TRANSFORMATIF UNTUK PROGRAM PEMBINAAN KARANG TARUNA
Abstract
Pemilihan model pembelajaran merupakan langkah penting yang harus
dilakukan oleh pembelajar dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran, tanpa
terkecuali dalam pembinaan karang taruna. Model pembeinaan transformatif untuk
program pembinaan karang taruna ini dibuat untuk melaksanakan pembinaan terhadap
pengurus dan anggota karang taruna. Model pembinaan ini dibuat dengan mengacu
pada model pengembangan yang dibuat oleh Joyce & Weil (1996) yang menggunakan
lima komponen. Komponen yang dimaksud adalah (1) sintaksis, (2) sistem sosial, (3)
prinsip reaksi, (4) sistem pendukung, dan (5) dampak instruksional dan pengiring. Hasil
pengembangan ini berupa buku model pembinaan transformatif untuk program
pembinaan karang taruna. Buku model ini terdiri dari tiga bagian yaitu, bagian
pengantar, model dan panduan implementasi. Buku model ini telah melalui validasi dari
ahli bidang studi PLS dengan skor 97,5%, ahli model pembelajaran dengan skor
84,38%, pengguna level 1 dengan skor 79,69%, dan pengguna level 2 dengan skor
82,81%.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]