PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEORI BILANGAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA BERDASARKAN KURIKULUM KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI)
Abstract
Perangkat pembelajaran sangat berguna untuk kelancaran dan keberhasilan
suatu pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dibuat dalam penelitian ini
disesuaikan dengan kerangka kualifikasi nasional Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah
mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengna kerangka kualifikasi
nasional Indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan
model 4-D oleh Thiangarajan, namun pada penelitian ini hanya sampai pada 3 tahap yaitu
tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Validator yang
digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua validator ahli, yaitu ahli pengembangan dan
ahli materi. Hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh presentase rata-rata 85,7%.
Hal ini berarti perangkat pembelajaran yang dibuat sudah sesuai dengan kerangka
kualifikasi nasional Indonesia dengan sedikit revisi.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7356]