UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION BERBANTUAN MEDIA VIDEO
View/ Open
Date
2017-04-03Author
Handayani, Sri
Umamah, Nurul
Aditiya, Reni Putri
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS. Rancangan
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan
aktivitas belajar peserta didik secara klasikal pada siklus 1 66,35%, siklus 2
meningkat 13,63% menjadi 75,40%, siklus 2 meningkat 5,19% menjadi 79,32%.
Hasil belajar kognitif siklus 1 75,67%, siklus 2 meningkat 7,14% menjadi 81,08%,
siklus 3 meningkat 6,66% menjadi 86,48%. Hasil belajar afektif siklus 1 64,45%,
siklus 2 meningkat 10,90% menjadi 71,48%, siklus 3 meningkat 12,29% menjadi
80,27%. %. Hasil belajar psikomotor siklus 1 57,93%, siklus 2 meningkat 18,67%
menjadi 68,75%, siklus 3 meningkat 12,02% menjadi 77,02%. Dapat disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition
berbantuan media video dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran sejarah ..
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]