• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Conference Proceeding
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Conference Proceeding
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasilbelajar Siswa Kelas Xi Tkj B (Studi Kasus di SMK Nuris Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2015-2016 pada Kompetensi Dasar Menganalisis Peluang Usaha dalam Mata Pelajaran Kewirausahaan)

    Thumbnail
    View/Open
    144-150_BAMBANG S_.pdf (862.5Kb)
    Date
    2017-03-30
    Author
    Adawiyah, Waqiatul
    Suyadi, Drs. Bambang
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanpenerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI TKJ B SMK Nuris Jember semester genap tahun ajaran 2015/2016 pada kompetensi dasar menganalisis peluang usaha dalam mata pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI TKJ B yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumen. Analisis data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari hasil pengamatan observer pada saat pelaksanaan tindakan perbaikan dan analisis hasil belajar siswa diperoleh dari nilai ulangan harian siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dari kategori rendah dengan skor 5,4 menjadi kategori sedang dengan skor 10,1 pada siklus 1 dan pada siklus 2 meningkat menjadi kategori tinggi dengan skor 12,3. Begitu pula pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, nilai rata-rata siswa sebelum tindakan sebesar 60,69, setelah pelaksanaan siklus 1 meningkat menjadi 78,97 dan pada siklus 2 meningkat kembali menjadi 85,51. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa dengan penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79973
    Collections
    • LSP-Conference Proceeding [1877]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository