• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA-Biologi (Pokok Bahasan Ekosistem Siswa Kelas VII H SMP Negeri 7 Jember Semester Genap 2015/2016)

    Thumbnail
    View/Open
    Nurmalita Pasca Gupita - 120210103008.pdf (1.281Mb)
    Date
    2017-01-26
    Author
    GUPITA, Nurmalita Pasca
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan IPTEK semakin pesat menyebabkan perubahan tuntutan masyarakat di bidang pendidikan. Pendidikan merupakan sebuah usaha sadar untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara (Depdiknas, 2004:2). Riset dari TIMMS pada tahun 2011 melaporkan bahwa kemampuan IPA negara Indonesia berada pada posisi ke-40 dari 42 negara (IEA, 2012:40). Hal ini menunjukkan kualitas pendidikan Indonesia masih rendah dan perlu dilakukan upaya peningkatan. Peningkatan dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa di sekolah. Hasil observasi dan wawancara di kelas VII H SMP Negeri 7 Jember, keterampilan proses siswa masih belum maksimal dalam pelaksanaannya. Berdasarkan hasil ulangan harian materi Gejala Alam Abiotik dan Biotik, siswa kelas VII H memiliki nilai rata-rata kelas terendah yaitu 66,86. Permasalahan tersebut dapat diatasi melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam pelajaran IPA-Biologi pada pokok bahasan Ekosistem tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII H SMP Negeri 7 Jember dengan jumlah siswa 44 siswa yang terdiri atas 22 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 pada bulan April-Mei 2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 ix pertemuan tatap muka dan 1 pertemuan tes hasil belajar yang dilaksanakan di akhir siklus. Keterampilan proses diukur dengan menggunakan lembar observasi setiap pertemuan. Hasil yang diperoleh dihitung menggunakan rumus perhitungan keterampilan proses. Hasil belajar yang diukur adalah hasil belajar ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor. Hasil belajar ranah kognitif diukur menggunakan tes hasil belajar yang dilaksanakan di akhir siklus. Hasil belajar ranah afektif diukur menggunakan rubruk penilaian afektif. Hasil belajar ranah psikomotor diukur menggunakan rubrik penilaian psikomotor. Berdasarkan hasil observasi pra siklus menunjukkan keterampilan proses siswa kelas VII H SMP Negeri 7 Jember sebesar 33,29% dengan kategori kurang baik. Hasil pada siklus I menunjukkan keterampilan proses sebesar 46,16% dengan kategori kurang baik. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 11,87%. Hasil pada siklus II menunjukkan keterampilan proses sebesar 69,25% dengan kategori cukup baik. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 24,09%. Analisis hasil belajar IPA Biologi siswa ranah kognitif pra siklus, rata-rata kelas sebesar 66,86 dengan persentase ketuntasan hasil belajar 43,18%. Pada siklus I, rata-rata nilai kelas sebesar 76,34 dengan persentase ketuntasan hasil belajar 63,64%. Pada siklus II, rata-rata nilai kelas sebesar 85,22 dengan persentase ketuntasan hasil belajar 90%. Peningkatan hasil belajar pra siklus ke siklus I sebesar 20,46%. Peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II sebesar 26,36%. Analisis hasil belajar IPA Biologi siswa ranah afektif pada siklus I, persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 50,60%. Pada siklus II, persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 75,48%. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 24,88%. Analisis hasil belajar IPA Biologi siswa ranah psikomotor pada siklus I, persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 56,40%. Pada siklus II, persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 64,77%. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 8.37%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79176
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository