• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERMASALAHAN SOSIAL DI SDN KEBONSARI 04 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    WILIS ARUM SARI.odt (282.7Kb)
    Date
    2016
    Author
    Wilis Arum Sari
    M. Sulthon Masyhud
    Muhtadi Irvan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Contextual teaching and learning merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan nyata. Tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar IPS pokok bahasan permasalahan sosial pada siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan pola pre- test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa tes obyektif pada pre-test dan post-test. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IV yang terdiri dari kelas IVB dan kelas IVC SDN Kebonsari 04 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan uji-t menggunakan program SPSS versi 14.00 Hasil analisis dengan rumus uji-t diperoleh t-hitung = 3,413 dengan keefektifan relative sebesar 54,71%. Hasil perhitungan uji-t di konsultasikan dengan t-tabel pada db = 68, taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai t-tabel = 1,997; dapat diketahui bahwa t-hitung > t-tabel (3,413 > 1,997), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan contextual teaching and learning  terhadap hasil belajar siswa kelas IV pokok bahasan masalah sosial di SDN Kebonsari 04 Jember tahun pembelajaran 2015/2016.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77549
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository