PENGARUH ETOS KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMPETENSI PENDIDIK EKONOMI DI SMA NEGERI KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN 2016
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh etos kerja dan motivasi kerja terhadap kompetensi pendidik ekonomi di SMA Negeri Kabupaten Banyuwangi baik secara terpisah maupun bersama-sama. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian korelasional. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive yaitu pada SMA Negeri Kabupaten Banyuwangi. Populasi penelitian ini adalah seluruh pendidik ekonomi di SMA Negeri Kabupaten Banyuwangi yang berjumlah 48 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, observasi dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) etos kerja berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pendidik ekonomi sebesar 16,36%; 2) motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pendidik ekonomi sebesar 71,87%; 3) secara bersama-sama etos kerja dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pendidik ekonomi sebesar 88,3%.
Collections
- SRA-Education [1352]