Show simple item record

dc.contributor.advisorBambang Suyadi
dc.contributor.advisorSri Wahyuni
dc.contributor.authorSiti Khoiria
dc.contributor.authorBambang Suyadi
dc.contributor.authorSri Wahyuni
dc.date.accessioned2016-11-08T08:07:59Z
dc.date.available2016-11-08T08:07:59Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77448
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPS-2 MA Al-Qodiri Jember semester genap tahun pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa melalui penerapan metode pembelajaran Drill (Latihan). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswi kelas XI IPS-2 yang berjumlah 24 siswi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumen. Analisis data kemandirian belajar siswa diperoleh dari hasil pengamatan observer pada saat pelaksanaan tindakan perbaikan dan analisis hasil belajar siswa diperoleh dari nilai ulangan harian siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode pembelajaran Drill (Latihan) dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dari kategori rendah dengan skor 1,95 menjadi kategori sedang dengan skor 2,29 pada siklus 1 dan kategori tinggi pada siklus 2 dengan skor 3,19. Begitu pula pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, rata-rata hasil belajar siswa secara individual sebelum tindakan sebesar 70,5 , setelah pelaksanaan siklus 1 mengalami peningkatan meskipun tidak terlalu besar yaitu menjadi 71,67 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 86,67. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Drill (Latihan) dapat meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectMetode Pembelajaran Drill (Latihan), Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL (LATIHAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS-2 MA AL-QODIRI JEMBERen_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record