PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL (LATIHAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS-2 MA AL-QODIRI JEMBER
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPS-2 MA Al-Qodiri Jember semester genap tahun pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa melalui penerapan metode pembelajaran Drill (Latihan). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswi kelas XI IPS-2 yang berjumlah 24 siswi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumen. Analisis data kemandirian belajar siswa diperoleh dari hasil pengamatan observer pada saat pelaksanaan tindakan perbaikan dan analisis hasil belajar siswa diperoleh dari nilai ulangan harian siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode pembelajaran Drill (Latihan) dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dari kategori rendah dengan skor 1,95 menjadi kategori sedang dengan skor 2,29 pada siklus 1 dan kategori tinggi pada siklus 2 dengan skor 3,19. Begitu pula pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, rata-rata hasil belajar siswa secara individual sebelum tindakan sebesar 70,5 , setelah pelaksanaan siklus 1 mengalami peningkatan meskipun tidak terlalu besar yaitu menjadi 71,67 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 86,67. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Drill (Latihan) dapat meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa
Collections
- SRA-Education [1352]