• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL (LATIHAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS-2 MA AL-QODIRI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    SITI KHOIRIA.odt (276.8Kb)
    Date
    2016
    Author
    Siti Khoiria
    Bambang Suyadi
    Sri Wahyuni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPS-2 MA Al-Qodiri Jember semester genap tahun pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa melalui penerapan metode pembelajaran Drill (Latihan). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswi kelas XI IPS-2 yang berjumlah 24 siswi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumen. Analisis data kemandirian belajar siswa diperoleh dari hasil pengamatan observer pada saat pelaksanaan tindakan perbaikan dan analisis hasil belajar siswa diperoleh dari nilai ulangan harian siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode pembelajaran Drill (Latihan) dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dari kategori rendah dengan skor 1,95 menjadi kategori sedang dengan skor 2,29 pada siklus 1 dan kategori tinggi pada siklus 2 dengan skor 3,19. Begitu pula pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, rata-rata hasil belajar siswa secara individual sebelum tindakan sebesar 70,5 , setelah pelaksanaan siklus 1 mengalami peningkatan meskipun tidak terlalu besar yaitu menjadi 71,67 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 86,67. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Drill (Latihan) dapat meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77448
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository