Penerapan Media Game Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A1 dalam Mengenal Bilangan di TK Dharma Wanita Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
View/ Open
Date
2016Author
ROFIDATUL ILMA
Misno A. Lathif
Nanik Yuliati
Metadata
Show full item recordAbstract
Kabupaten Jember. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok A1 dalam mengenal bilangan di TK Dharma Wanita Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui media game puzzle. Tujuan penelitian adalah meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A1 dalam mengenal aspek bilangan di TK Dharma Wanita Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui media game puzzle. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A1 TK Dharma Wanita Grenden sejumlah 15 anak yang terdiri atas 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak kelompok A1 TK Dharma Wanita Grenden mengalami peningkatan dengan kualifikasi sangat baik. Nilai rata-rata kelas pada siklus 1 sebesar 76,6, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 86,7
Collections
- SRA-Education [1352]