dc.contributor.advisor | Kamalia Fikri | |
dc.contributor.advisor | Jekti Prihatin | |
dc.contributor.author | Nizia Utari Fihidayat | |
dc.contributor.author | Jekti Prihatin | |
dc.contributor.author | Kamalia Fikri | |
dc.date.accessioned | 2016-11-04T03:16:41Z | |
dc.date.available | 2016-11-04T03:16:41Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77379 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) dengan teknik Mind Mapping. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pakusari Jember tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes, sedangkan metode analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan penerapan model pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) dengan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Biologi pada materi sistem pernapasan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pakusari Jember tahun pelajaran 2015/2016. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | Whole Brain Teaching (WBT), teknik Mind Mapping, aktivitas dan hasil belajar. | en_US |
dc.title | Penerapan Model Pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) dengan Teknik Mind Mapping terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Pernapasan (Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pakusari Jember) | en_US |
dc.type | Student Paper | en_US |