Penerapan Model Pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) dengan Teknik Mind Mapping terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Pernapasan (Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pakusari Jember)
View/ Open
Date
2016Author
Nizia Utari Fihidayat
Jekti Prihatin
Kamalia Fikri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) dengan teknik Mind Mapping. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pakusari Jember tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes, sedangkan metode analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan penerapan model pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) dengan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Biologi pada materi sistem pernapasan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pakusari Jember tahun pelajaran 2015/2016.
Collections
- SRA-Education [1352]