IMPLEMENTASI BAURAN PROMOSI PADA UD. JAYA MOTOR JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi bauran promosi
apa yang digunakan oleh perusahaan yang menyebabkan tidak tercapainya target
penjualan dan untuk mengetahui kebijaksanaan yang diterapkan oleh perusahaan
dalam memasarkan produk sepeda motor bekas. Ada beberapa hal yang
menyebabkan belum tercapainya target penjualan sepeda motor bekas pada UD.
Jaya Motor Jember karena: persaingan yang semakin tajam, sistem penjualan
kredit yang relatif tetap dan kualitas produk yang kurang sesuai dengan selera
konsumen.
Beberapa macam bauran promosi yang dipakai perusahaan dalam
memasarkan produknya dalam meningkatkan penjualan : (1) Periklanan, (2)
Promosi Penjualan, (3) Publisitas, (4) Personal Selling, dan (5) Pemasaran
Langsung (Direct Marketing). Dalam menganalisa data penulis menggunakan
paradigma deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan atau menggambarkan
kondisi yang tejadi sesungguhnya, serta mengklasifikasikan data dari hasil
penelitian dengan menggunakan kata-kata yang tersusun rapi dan jelas. Adapun
teknik data yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan dengan
interview. Adapun konsep-konsep teori yang digunakan dalam analisa data ini
adalah sehubungan dengan bauran promosi, penjualan, maka dengan kebijaksaan
kredit, harga, produk dan promosi dapat diharapkan bahwa tidak tercapainya
target penjualan pada UD. Jaya Motor Jember dapat diatasi.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kebijaksanaan perusahaan
yang kaitannya dengan strategi bauran promosi dan juga pemenuhan target
penjualan sangat mempengaruhi konsumen terhadap pembelian sepeda motor
bekas pada UD. Jaya Motor Jember. Adanya kebijakan harga, dan berbagai
kebijakan penjualan yang ditetapkan perusahaan dalam penjualan kredit, itu
sangat membantu untuk meningkatkan volume penjualan.
Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember.