Show simple item record

dc.contributor.advisorYayuk Mardiati
dc.contributor.advisorChumi Zahroul Fitriyah
dc.contributor.authorNur Khikmalasari
dc.contributor.authorYayuk Mardiati
dc.contributor.authorChumi Zahroul Fitriyah
dc.date.accessioned2016-08-11T01:51:29Z
dc.date.available2016-08-11T01:51:29Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76327
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Grenden 01 Jember melalui penerapan metode Guided Note Taking dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang tergolong rendah disebabkan kurangnya variasi metode yang digunakan guru dalam pembelajaran. Guided Note Taking merupakan metode yang mengajak siswa untuk berfikir dan memahami materi sehingga dibutuhkan konsentrasi siswa yang tinggi. Metode ini membantu siswa memahami materi melalui pengisian handout. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Hopskins yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Grenden 01 Jember tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 41 terdiri atas 24 siswa laki-laki dan 17 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Guided Note Taking dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Grenden 01 Jember. Pada prasiklus rata-rata persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 32,68% yang dikategorikan kurang aktif dan meningkat menjadi 57,07% yang dikategorikn cukup aktif pada siklus I dan 76,46% yang dikategorikan aktif pada siklus II. Peningkatan juga terlihat pada hasil belajar siswa. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 58,41% yang dikategorikan kurang baik dan meningkat menjadi 71,04% yang dikategorikan baik pada siklus I dan 77,56% yang dikategorikan baik pada siklus II.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPenelitian Tindakan Kelas, Motode Guided Note Taking, Aktivitas Belajar, Hasil Belajaren_US
dc.titlePenerapan Metode Guided Note Taking untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Grenden 01 Jemberen_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record