Penerapan Metode Guided Note Taking untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Grenden 01 Jember
View/ Open
Date
2016Author
Nur Khikmalasari
Yayuk Mardiati
Chumi Zahroul Fitriyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Grenden 01 Jember melalui penerapan metode Guided Note Taking dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang tergolong rendah disebabkan kurangnya variasi metode yang digunakan guru dalam pembelajaran. Guided Note Taking merupakan metode yang mengajak siswa untuk berfikir dan memahami materi sehingga dibutuhkan konsentrasi siswa yang tinggi. Metode ini membantu siswa memahami materi melalui pengisian handout. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Hopskins yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Grenden 01 Jember tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 41 terdiri atas 24 siswa laki-laki dan 17 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Guided Note Taking dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Grenden 01 Jember. Pada prasiklus rata-rata persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 32,68% yang dikategorikan kurang aktif dan meningkat menjadi 57,07% yang dikategorikn cukup aktif pada siklus I dan 76,46% yang dikategorikan aktif pada siklus II. Peningkatan juga terlihat pada hasil belajar siswa. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 58,41% yang dikategorikan kurang baik dan meningkat menjadi 71,04% yang dikategorikan baik pada siklus I dan 77,56% yang dikategorikan baik pada siklus II.
Collections
- SRA-Education [1352]