• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Guided Note Taking untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Grenden 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    NUR KHIKMALASARI.odt (289.6Kb)
    Date
    2016
    Author
    Nur Khikmalasari
    Yayuk Mardiati
    Chumi Zahroul Fitriyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Grenden 01 Jember melalui penerapan metode Guided Note Taking dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang tergolong rendah disebabkan kurangnya variasi metode yang digunakan guru dalam pembelajaran. Guided Note Taking merupakan metode yang mengajak siswa untuk berfikir dan memahami materi sehingga dibutuhkan konsentrasi siswa yang tinggi. Metode ini membantu siswa memahami materi melalui pengisian handout. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Hopskins yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Grenden 01 Jember tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 41 terdiri atas 24 siswa laki-laki dan 17 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Guided Note Taking dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Grenden 01 Jember. Pada prasiklus rata-rata persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 32,68% yang dikategorikan kurang aktif dan meningkat menjadi 57,07% yang dikategorikn cukup aktif pada siklus I dan 76,46% yang dikategorikan aktif pada siklus II. Peningkatan juga terlihat pada hasil belajar siswa. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 58,41% yang dikategorikan kurang baik dan meningkat menjadi 71,04% yang dikategorikan baik pada siklus I dan 77,56% yang dikategorikan baik pada siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76327
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository