Karakteristik Intuisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Teori Polya Ditinjau dari Perbedaan Gender Sub Pokok Bahasan Persegipanjang Kelas VIII C SMP Negeri 7 Jember
View/ Open
Date
2016Author
Maulfi Aida Nur Fitri
Hobri
Toto' Bara Setiawan
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini menganalisa karakteristik intuisi siswa dalam pemecahan masalah matematika berbasis teori Polya sub pokok bahasan persegipanjang ditinjau dari perbedaan gender berdasarkan indikator karakteristik intuisi menurut Fischbein. Intrumen yang digunakan adalah tugas pemecahan masalah dan wawancara. Tugas pemecahan masalah dilakukan dua kali, hal tersebut dilakukan untuk melakukan uji triangulasi tentang karakteristik intuisi yang digunakan siswa. Subjek dari penelitian ini adalah 8 siswa yang terdiri dari 4 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki masing-masing terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan rendah. Dari 8 subjek penelitian, diperoleh karakteristik intuisi dalam pemecahan masalah berbasis Polya bahwa siswa perempuan dan laki-laki pada tahap memahami masalah menggunakan intuisi afirmatori yaitu intrinsic certainty, perseverance, dan ekstrapolativeness. Pada tahap menyusun rencana dan melaksanakan menggunakan intuisi antisipatori. Pada tahap memeriksa kembali tidak menggunakan intuisi.
Collections
- SRA-Education [1352]