• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pendekatan Open-Ended dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Pakuniran Probolinggo Tahun Ajaran 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    LAILI HANDAYANI.odt (264.8Kb)
    Date
    2016
    Author
    Laili Handayani
    Joko Waluyo
    Sulifah Aprilya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Pendekatan open-ended adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh guru untuk memperoleh hasil belajar yang memadai dilakukan dengan proses pembelajaran yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara guru dan siswa atau siswa dengan siswa yang merangsang terciptanya partisipasi aktif siswa. Pembelajaran open-ended diawali dengan guru menjelaskan penerapan pendekatan open-ended dan mengatur kelompok siswa yang sudah ditentukan oleh guru. Guru memberikan penjelasan materi pembelajaran, selanjutnya guru membagikan LDS dan meminta siswa untuk mendiskusikan dengan kelompoknya, kemudian dalam satu kelompok dibebaskan untuk mengungkapkan pendapatnya masing-masing, sehingga menimbulkan gagasan baru dari hasil diskusi dalam kelompoknya. Guru meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas, sementara siswa yang lain menanggapi. Guru membahas dan meluruskan konsep apabila terjadi kesalahan. Guru membimbing untuk menyampaikan kesimpulan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dari 67,4% pada siklus 1 sampai 82,4% pada siklus 2. Hasil dari rumus persentase siklus 1 menunjukkan bahwa siswa tidak aktif, sedangkan pada siklus 2 menunjukkan bahwa mahasiswa digolongkan sebagai aktif. Selain itu, para siswa hasil belajar meningkat. Para siswa yang mencapai KKM pada siklus pertama adalah 24 siswa atau 68,57%, sedangkan pada siklus 2 adalah 29 siswa atau 82,85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil siswa meningkat 14,85% dari siklus 1 ke siklus 2.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75996
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository