Show simple item record

dc.contributor.advisorSulthon Mashyud
dc.contributor.advisorYayuk Mardiati
dc.contributor.authorKurnia Herawati
dc.contributor.authorSulthon Mashyud
dc.contributor.authorYayuk Mardiati
dc.date.accessioned2016-08-08T07:12:05Z
dc.date.available2016-08-08T07:12:05Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75993
dc.description.abstractProses pembelajaran IPS tidak hanya mengarahkan siswa untuk menghafal konsep-konsep saja. Siswa diharapkan memiliki wawasan berpikir yang beragam sehingga mereka dapat mempelajari IPS sebagai konsep dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya. Penerapan pendekatan dan metode dalam proses pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penggunaan metode pembelajaran dapat membuat siswa lebih aktif dan tidak merasa bosan saat proses pembelajaran berlangsung. Metode role playing merupakan salah satu metode pembelajaran alternatif yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah kejenuhan siswa saat proses pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar dengan metode role playing lebih baik atau tidak daripada hasil belajar dengan metode ceramah pada siswa kelas III dalam tema kegiatan jual beli di SDN Jember Kidul 04 Jember semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan pola pre- test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa tes obyektif pada pre-test dan post-test. Subyek penelitian yaitu siswa kelas III yang terdiri dari kelas IIIA dan kelas IIIB SDN Jember Kidul 04. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan uji-t menggunakan program SPSS versi 14.00. Hasil analisis dengan rumus uji-t diperoleh thitung= 8,803 dengan keefektifan relative sebesar 76,871%. Hasil perhitungan uji-t di konsultasikan dengan t-tabel pada db = 94, taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai t-tabel = 1,664; dapat diketahui bahwa t-hitung > t-tabel ( 8,803 > 1,664), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas III Tema kegiatan jual beli di SDN Jember Kidul 04 tahun pelajaran 2015/2016.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmetode role playing, hasil belajar, penelitian eksperimental.en_US
dc.titleENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III TEMA KEGIATAN JUAL BELI DI SDN JEMBER KIDUL 04 TAHUN PELAJARAN 2015/2016en_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record