• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III TEMA KEGIATAN JUAL BELI DI SDN JEMBER KIDUL 04 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Kurnia Herawati.odt (323.2Kb)
    Date
    2016
    Author
    Kurnia Herawati
    Sulthon Mashyud
    Yayuk Mardiati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran IPS tidak hanya mengarahkan siswa untuk menghafal konsep-konsep saja. Siswa diharapkan memiliki wawasan berpikir yang beragam sehingga mereka dapat mempelajari IPS sebagai konsep dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya. Penerapan pendekatan dan metode dalam proses pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penggunaan metode pembelajaran dapat membuat siswa lebih aktif dan tidak merasa bosan saat proses pembelajaran berlangsung. Metode role playing merupakan salah satu metode pembelajaran alternatif yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah kejenuhan siswa saat proses pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar dengan metode role playing lebih baik atau tidak daripada hasil belajar dengan metode ceramah pada siswa kelas III dalam tema kegiatan jual beli di SDN Jember Kidul 04 Jember semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan pola pre- test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa tes obyektif pada pre-test dan post-test. Subyek penelitian yaitu siswa kelas III yang terdiri dari kelas IIIA dan kelas IIIB SDN Jember Kidul 04. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan uji-t menggunakan program SPSS versi 14.00. Hasil analisis dengan rumus uji-t diperoleh thitung= 8,803 dengan keefektifan relative sebesar 76,871%. Hasil perhitungan uji-t di konsultasikan dengan t-tabel pada db = 94, taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai t-tabel = 1,664; dapat diketahui bahwa t-hitung > t-tabel ( 8,803 > 1,664), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas III Tema kegiatan jual beli di SDN Jember Kidul 04 tahun pelajaran 2015/2016.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75993
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail