EFISIENSI SALURAN PEMASARAN DAN HUBUNGAN SIFAT KONSUMTIF MASYARAKAT JEMBER TERHADAP KEBERADAAN PRODUK CERUTU DALAM NEGERI
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ( 1) efisiensi pemasaran cerutu oleh
Kopkar Kartanegara PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) Jember lebih efisien
saluran pemasaran pendek dengan lembaga pemasaran (Perusahaan-DistributorKonsumen)
daripada saluran pemasaran panjang dengan lembaga pemasaran
(Perusahaan-Distributor-Pedagang-Konsumen), (2) perkembangan/trend produksi
cerutu oleh Kopkar Kartanegara PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) Jember
cenderung meningkat, dan (3) ada hubungan antara sifat konsumtif masyarakat
Jember dengan keberadaan produk cerutu Kopkar Kartanegara PT. Perkebunan
Nusantara X (Persero) Jember dengan kriteria korelasi cukup erat.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]