Penerapan pembelajaran biologi yang berorientasi pada social skill terhadap hasil belajar siswa (sub konsep sistem pencernaan pada manusia kelas VIIIA semester 1 SMP Negeri 1 Rowokankung-Lumanjang tahun ajaran 2005/2006)
Abstract
Penerapan pembelajanm biologi yang berorientasi atau berpusat pada social
skill merupakan pembelajaran yang mencakup kecakapan komunikasi lisan, tertulis
dan bekerjasama. Kecakapan lisan yang dimaksud adalah ketrampilan siswa dalam
bertanya, menjawab maupun dalam mengemukakan pendapat, sedangkan kecakapan
komunikasi tertulisnya adalah ketrarnpilan siswa dalam mencatat dan mengerjakan
tugas serta dalam membuat laporan secara sistematis dengan kalimat yang baik dan
rapi, dimana · metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah diskusi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama
pembelajaran yang berorientasi pada social skill berlangsung dan juga untuk
mengetahui persentase ketuntasan basil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Responden
penelitian ini adalah siswa kelas VIII A semester 1 SMPN 1 Rowokangkung Lumajang
Tahun Ajaran 2005/2006. Dari hasil analisis data pada pembelajaran
biologi yang berorientasi pada social skill ini diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa
untuk aspek kognitif 76,92%,aspek afektif sebesar 79,49% dan aspek psikomotor
sebesar 84,61%. Sedangkan untuk persentase aktivitas belajar siswa untuk kecakapan
komunikasi lisan 75,64%; kecakapan komunikasi tertulis 76.92% dan kecakapan bekerjasama 78,.20%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
biologi yang berorientasi pada social skill ini dapat meningkatkan aktivitas belajar
siswa baik dari aspek kognitif. afettif maupun psikomotor serta dapat mengembangkan ketrampilan sosial siswa