• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan pembelajaran biologi yang berorientasi pada social skill terhadap hasil belajar siswa (sub konsep sistem pencernaan pada manusia kelas VIIIA semester 1 SMP Negeri 1 Rowokankung-Lumanjang tahun ajaran 2005/2006)

    Thumbnail
    View/Open
    Whika Ari Puspita 010210103103_.pdf (22.62Mb)
    Date
    2016-06-08
    Author
    PUSPITA, Whika Ari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan pembelajanm biologi yang berorientasi atau berpusat pada social skill merupakan pembelajaran yang mencakup kecakapan komunikasi lisan, tertulis dan bekerjasama. Kecakapan lisan yang dimaksud adalah ketrampilan siswa dalam bertanya, menjawab maupun dalam mengemukakan pendapat, sedangkan kecakapan komunikasi tertulisnya adalah ketrarnpilan siswa dalam mencatat dan mengerjakan tugas serta dalam membuat laporan secara sistematis dengan kalimat yang baik dan rapi, dimana · metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama pembelajaran yang berorientasi pada social skill berlangsung dan juga untuk mengetahui persentase ketuntasan basil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Responden penelitian ini adalah siswa kelas VIII A semester 1 SMPN 1 Rowokangkung Lumajang Tahun Ajaran 2005/2006. Dari hasil analisis data pada pembelajaran biologi yang berorientasi pada social skill ini diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa untuk aspek kognitif 76,92%,aspek afektif sebesar 79,49% dan aspek psikomotor sebesar 84,61%. Sedangkan untuk persentase aktivitas belajar siswa untuk kecakapan komunikasi lisan 75,64%; kecakapan komunikasi tertulis 76.92% dan kecakapan bekerjasama 78,.20%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi yang berorientasi pada social skill ini dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa baik dari aspek kognitif. afettif maupun psikomotor serta dapat mengembangkan ketrampilan sosial siswa
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74593
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository