dc.contributor.advisor | Subchan, Wachju | |
dc.contributor.advisor | Hariyadi, Slamet | |
dc.contributor.author | ROSVIAVA, Vivi | |
dc.date.accessioned | 2016-06-06T01:49:30Z | |
dc.date.available | 2016-06-06T01:49:30Z | |
dc.date.issued | 2016-06-06 | |
dc.identifier.nim | 990210103054 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74508 | |
dc.description.abstract | Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan terpenting dari keseluruhan proses
pendidikan. Peningkatan prestasi hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak
faktor, salah satunya adalah ketrampilan guru menerapkan model pembelajaran
yang cocok uniuk memberikan materinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui
peningkatan penguasaan konsep biologi siswa dengan menggunakan analisis
kejadian biologi sehari-hari dan untuk mengetahui manakah yang lebih efektif
pemberian tugas analisis kejadian biologi sehari-hari dalam meningkatkan
penguasaan konsep biologi dibandingkan dengan tanpa menggunakan analisis kejadian biologi sehari-hari. Pcnclitian dilakukan di SMPN I Mumbulsari Jcmbcr.
· penentuan kelas sampel dilakukan uji homogenitas kemudian dilakukan tekhnik
random sampling untuk menentukan kelompok perlakuan dan kelompok kontrol
sehingga diperoleh kelas 1A (kelas yang menggunakan analisis kejadian biologi
sehari -hari) Dan kelas IB (Kelas yang tidak menggunukan analisis kejadian biologi
sehari-hari). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan tcs, Analisis data menggunakan uji t-tes dan uji aktivitas sehinngga diperoleh
t-tes sebesar 3,45 dan t-tabel 1 ,664 sehingga t-tes > t-tabel sedangkan untuk
efektivitasnya sebesar 16,52%. HasiI penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan analisis
kejadian biologi sehari-hari efektif dibandingkan dengan yang tidak menggunakan analisi kejadian biologi sehari hari. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Analisis kejadian biologi sehari hari | en_US |
dc.subject | Penguasaan konsep biologi | en_US |
dc.title | Efektivitas pemberian tugas analisis kejadian biologi sehari hari dalam meningkatkan penguasaan konsep biologi kelas 1 SMP negeri 1 Mumbulsari Jember (Studi hasil belajar biologi pokok pola interaksi organisme pada siswa kelas 1 semester genap di SMPN 1 Mumbulsari Jember tahun ajaran 2003/2004) | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |